alexametrics
Minggu, 07 Jun 2020
radarsolo
Home > Klaten
icon featured
Klaten

Bupati Mulai Distribusikan Sembako

09 April 2020, 08: 24: 40 WIB | editor : Perdana

Bupati Klaten Sri Mulyani (kanan) menyerahkan bantuan paket sembako kepada keluarga ODP dan PDP korona di halaman kantor Kecamatan Klaten Selatan, kemarin (8/4).

Bupati Klaten Sri Mulyani (kanan) menyerahkan bantuan paket sembako kepada keluarga ODP dan PDP korona di halaman kantor Kecamatan Klaten Selatan, kemarin (8/4). (ANGGA PURENDA/RADAR SOLO)

Share this      

KLATEN - Berbagai upaya dilakukan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Klaten dalam penanganan virus korona (Covid-19). Paling gres, sudah dibagikan 517 paket sembako oleh Gugus Tugas Pencegahan dan Pengendalian Covid-19 Kabupaten Klaten, Rabu (8/4). Bantuan menyasar warga yang berstatus orang dalam pemantuan (ODP), pasien dalam pengawasan (PDP), hingga terkonfirmasi positif korona. 

Pembagian sembako ini merupakan tahap pertama, menyasar sembilan kecamatan. Yakni Kecamatan Klaten Selatan, Klaten Tengah, Klaten Utara, Ngawen, Kalikotes, Trucuk, Cawas, Bayat, dan Wedi. 

Proses distribusi memperhatikan protokol kesehatan. Simbolis penyerahan bantuan diserahkan di kantor kecamatan masing-masing. Hanya dihadiri tiga orang dari Gugus Tugas PP COVID-19 tingkat desa dan tiga orang dari tingkat RW. Serta menghadirkan lima orang perwakilan dari keluarga ODP.

“Hari ini (kemarin) saya selaku ketua gugus tugas mendistribusikan paket sembako kepada orang dengan kriteria ODP dan PDP. Itu sasaran utama kami. Termasuk nantinya secara luas, mereka yang terdampak Covid-19. Total terdapat 3.000 paket sembako kami siapkan,” jelas bupati sekaligus ketua Gugus Tugas Pencegahan dan Pengendalian Covid-19 Kabupaten Klaten Sri Mulyani di sela-sela pembagian sembako, kemarin.

Bupati menambahkan, anggaran pengadaan paket sembako berasal dari biaya tidak terduga (BTT). Sementara untuk mendukung program jaring pengaman sosial (JPS), bisa memanfaatkan pergeseran anggaran di masing-masing organisasi perangkat daerah (OPD). Hasil penghitungan sementara, tersedia Rp 57 miliar.

“Pergeseran anggaran sudah sesuai ketentuan yang ada. Harapannya tidak ada masalah di kemudian hari. Tetapi prosesnya kami percepat. Ditargetkan bulan ini, kami bisa membantu 49.000 kepala keluarga (KK) dalam bentuk paket sembako,” imbuhnya.

Koordinator Gugus Tugas Mitigasi dan Pemberdayaan Masyarakat Gugus Tugas Pencegahan dan Pengendalian Covid-19 Kabupaten Klaten Sip Anwar mengaku menyediakan 3.000 paket sembako. Sembako tersebut akan didistribusikan secara keseluruhan di 26 kecamatan.

“Setiap paket sembako berisi beras 5 kilogram (kg), minyak goreng 1 liter, telur 1 kg, mi instan 10 bungkus, dan teh celup 1 kotak. Setiap paket senilai Rp 150 ribu. Kami distribusikan di sembilan kecamatan dulu. Lainnya menyusul,” urainya. (ren/fer/ria)

(rs/ren/per/JPR)

 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia