alexametrics
Rabu, 03 Jun 2020
radarsolo
Home > Pendidikan
icon featured
Pendidikan
Survei Internal SMP Swasta di Solo

Ketimbang Daring, Siswa Lebih Senang Belajar di Sekolah

09 April 2020, 12: 31: 28 WIB | editor : Perdana

Siswa belajar di rumah dengan metode daring, dibimbing orang tua.

Siswa belajar di rumah dengan metode daring, dibimbing orang tua.

Share this      

SOLO - Sejumlah sekolah melakukan evaluasi terhadap pembelajaran daring. Di antaranya SMP Muhammadiyah Program Khusus (PK) Kota Barat Surakarta. Mereka menyebar angket pada siswa. Hasilnya, 86 persen siswa lebih senang pembelajaran di sekolah.

Angket disebar kepada siswa melalui grup WhatsApp orang tua murid. Berisi pertanyaan tentang ketertarikan dan kesenangan dalam pembelajaran daring maupun di sekolah.

"Siswa lebih senang belajar di sekolah karena suasana sekolah nyaman dan terdapat sarana prasarana yang lengkap," terang Bagian humas SMP setempat Aryanto.

Meski demikian, selama penerapan pembelajaran daring, materi pelajaran dikemas secara kreatif, menyenangkan, dan menantang. Metode yang digunakan dalam pembelajaran daring berubah-ubah, sehingga siswa bisa berkreasi dan eksplorasi, serta mengenal berbagai metode dan aplikasi pembelajaran daring. Seperti menggelar kelas melalui video meeting zoom cloud, video call, google class room, kuis, video YouTube, dan aktivitas lain.

Kepala SMP Muhammadiyah PK Kota Barat Muhdiyatmoko mengatakan, hasil angket tersebut akan dijadikan dasar sekolah untuk mengambil kebijakan selanjutnya. Sehingga peningkatan kualitas pelayanan pendidikan bisa terus dilakukan.

"Hasil survei menunjukkan sekolah tetap menjadi tempat yang paling nyaman untuk belajar. Karena dengan suasana sekolah yang nyaman dan kondusif, siswa merasa bahagia dalam belajar dan kerasan (betah,red) di sekolah," bebernya.

Meskipun begitu, selama pembelajaran daring, siswa tetap bersemangat. Metode ini bisa menjadi salah satu alternatif model pembelajaran dan penugasan siswa. (rgl/wa)

(rs/rgl/per/JPR)

 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia