alexametrics
Kamis, 04 Jun 2020
radarsolo
Home > Klaten
icon featured
Klaten

Langsung Terjun ke Desa untuk Peduli dan Sosialisasi

09 April 2020, 12: 54: 54 WIB | editor : Perdana

Ketua DPRD Klaten Hamenang Wajar Ismoyo datang ke desa desa

Ketua DPRD Klaten Hamenang Wajar Ismoyo datang ke desa desa

Share this      

Langsung Terjun ke Desa   untuk Peduli dan Sosialisasi

KLATEN - Paska status Kabupaten Klaten yang dinyatakan Kejadian Luar Biasa (KLB), pengukuhan Gugus Tugas Pencegahan dan Pengendalian COVID-19 Kabupaten Klaten dengan susunan keanggotaan yang baru dilakukan di Pendapa Pemkab Klaten pada Kamis (2/4) siang. Ketua DPRD Klaten Hamenang Wajar Ismoyo pun dikukuhkan sebagai Wakil Ketua III Gugus Tugas PP COVID-19 Kabupaten Klaten.

Dalam lampiran I Keputusan Bupati Klaten Nomor 360/115 Tahun 2020 tentang Pembentukan Gugus Tugas Pencegahan dan Pengendalian Penyakit yang disebabkan Corona Virus Disease 2019 (COVID-19) di Kabupaten Klaten diketuai langsung Bupati Klaten Sri Mulyani. Sedangkan salah satu wakil ketuanya adalah Ketua DPRD Klaten Hamenang Wajar Ismoyo.

Sebagai Wakil Ketua III Gugus Tugas PP COVID-19 Kabupaten Klaten secara rinci Hamenang memiliki tugas mewakili bupati dalam melaksanakan tugas Ketua Gugus Tugas tingkat kabupaten. Termasuk memberikan masukan kepada bupati dalam rangka pengambilan keputusan terkait pencegahan dan pengendalian COVID-19 di Klaten.

“Mulai hari ini hingga nanti di Mei, kami juga membuat program untuk seluruh pimpinan dan anggota DPRD Klaten. Setiap harinya untuk terjun ke lapangan mengelilingi desa maupun kelurahan. Termasuk ke puskesmas-puskesmas serta kecamatan melakukan edukasi dan pengawasan terkait keberadaan virus korona,” jelas Ketua DPRD Klaten, Hamenang Wajar Ismoyo, Kamis (2/4).

Lebih lanjut, Hamenang menjelaskan, konsep program yang diinisiasi oleh DPRD Klaten itu menjadikan anggota dewan turun ke daerah pimilihan (Dapil) masing-masing. Melakukan edukasi tentang pentingnya menerapkan pola hidup bersih dan sehat (PHBS). Termasuk menghimbau kepada masyarakat untuk menaati anjuran pemerintah terkait social distancing atau physical distancing.

“Saat turun ke lapangan itu pula juga menanyakan ke desa atau kelurahan terkait sudah belum melakukan pergeseran APBDes. Terutama anggarannya sebagian digunakan untuk penanganan COVID-19. Termasuk menanyakan bagaimana dengan pengawasannya apakah sudah membentuk Gugus Tugas PP Pencegahan dan Pengendalian COVID-19 Kabupaten Klaten di tingkat desa,” jelasnya.

Hamenang menambahkan, saat turun ke dapil masing-masing itu pula, anggota DPRD Klaten akan mengunjungi puskesmas. Hal itu dilakukan untuk melihat bagaimana dengan kesiapannya mulai dari tenaga medis dan sarana prasarannya. Terlebih lagi jika nantinya warga yang memeriksaan diri ke puskesmas semakin membludak.(ren)

(rs/ren/per/JPR)

 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia