alexametrics
Jumat, 29 May 2020
radarsolo
Home > Klaten
icon featured
Klaten

Gunung Merapi Erupsi Lagi, Tetap Siap Siaga di Tengah Pandemi Covid-19

10 April 2020, 15: 45: 43 WIB | editor : Perdana

Kondisi Gunung Merapi saat erupsi terlihat dari Desa Balerante, Kecamatan Kemalang.

Kondisi Gunung Merapi saat erupsi terlihat dari Desa Balerante, Kecamatan Kemalang. (DOK WARGA)

Share this      

KLATEN - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Klaten meningkatkan kesiapsiagaan terhadap erupsi Gunung Merapi yang kembali terjadi Jumat (10/4) pagi. Apalagi saat ini masyarakat juga tengah menghadapi kedaruratan Covid-19.

“Salah satu kesiapsiagaan yakni dengan penguatan desa paseduluran yang selama ini sudah terbentuk. Terdiri 13 desa yang berasal dari Kecamatan Kemalang dengan 26 penyangga,” jelas Sekretaris BPBD Klaten Nur Tjahjono Suharto.

Dalam kesiapsiagan itu, semua dijalankan dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan. Oleha karena itu, dalam waktu dekat BPBD akan melakukan pengecekan terhadap selter untuk pengungsian. Termasuk jumlah warga desa asal serta sarana dan prasarana yang ada di desa penyangga, juga akan dilakukan pendataan ulang.S

Seperti diketahui, Gunung Merapi kembali erupsi, Jumat pagi sekitar pukul 09.00 dengan durasi sekitar 103 detik. Teramati tinggi kolom erupsi kurang lebih 3.000 meter dari puncak dengan arah angin ke barat laut. Meski begitu, tiga desa yang ada di kawasan rawan bencana (KRB) III tidak terdampak erupsi.

“Untuk pagi hari ini memang terjadi erupsi, tetapi untuk kolom lebih mengarah ke utara. Yang jelas, bukan ke arah Klaten, tetapi tampaknya ke Magelang. Untuk masyarakat, ya biasa saja tanpa ada pergerakan,” jelas Koordinator Relawan Desa Tegalmulyo, Kecamatan Kemalang Subur.

Lebih lanjut Subur menjelaskan, ketika erupsi terjadi, warga Tegalmulyo sempat keluar rumah untuk memantau kondisi Merapi. Ketika diketahui arah kolom tidak ke Klaten, warga menjadi tenang dan tetap melanjutkan aktivitas seperti biasanya. (ren/ria)

(rs/ren/per/JPR)

 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia