alexametrics
Jumat, 29 May 2020
radarsolo
Home > Wonogiri
icon featured
Wonogiri

Pandemi Covid-19, Bantuan PKH Dicairkan Per Bulan

14 April 2020, 12: 13: 28 WIB | editor : Perdana

Pandemi Covid-19, Bantuan PKH Dicairkan Per Bulan

WONOGIRI – Penerima manfaat program keluarga harapan (PKH) akan mendapatkan pencairan bantuan secara bulanan. Itu guna meningkatkan daya beli selama pandemi Covid-19.

“Mulai April ini bantuannya disalurkan setiap bulannya," kata Koordinator PKH Wonogiri Agus Suratno, Senin (13/4).

Sebelumnya, penyaluran bantuan diberikan secara bertahap. Agus sudah mencairkan bantuan dalam dua tahap pada Februari dan Maret. Saat ini, masih menunggu pencairan dan penyaluran bantuan PKH April dari pemerintah pusat.

"Kami lakukan pemutakhiran data dan verifikasi. Yang memberikan (bantuan) pusat ke rekening keluarga penerima manfaat," ucapnya.

Penerima manfaat PKH bisa menarik uang yang diberikan lewat ATM bank yang ditunjuk. Atau bisa pula menabungnya dan tidak akan hangus selama belum diambil.

Terdapat tujuh kategori PKH, yaitu ibu hamil, anak usia dini, pelajar SD, pelajar SMP, pelajar SMA, lanjut usia, dan disabilitas berat. Agus mengatakan, dalam satu keluarga minimal terdapat satu kategori dan maksimal empat kategori PKH. Namun, apabila ada penyandang disabilitas berat ataupun lanjut usia lebih dari satu orang, hanya akan dihitung satu orang per keluarga. 

Kepala Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten Wonogiri Kurnia Listiyarini mencontohkan, misalnya ibu hamil yang sebelumnya mendapatkan bantuan Rp 3 juta per tahun, kali ini dicairkan per bulan sekitar Rp 250 ribu. 

Mengingat bantuan diberikan maksimal kepada empat orang dalam satu keluarga, maka bantuan tertinggi yang diberikan selama satu tahun Rp 10.800.000 atau per bulan sekitar Rp 900 ribu. Sementara itu, bantuan terendah yang diberikan selama satu tahun Rp 900 ribu atau Rp 75 ribu per bulan. (al/wa)

(rs/ria/per/JPR)

 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia