alexametrics
Jumat, 29 May 2020
radarsolo
Home > Solo
icon featured
Solo

Larangan Mudik, Polresta Solo Awasi Ketat 3 Titik Perbatasan

30 April 2020, 06: 35: 59 WIB | editor : Perdana

Personel gabungan mengecek identitas pengendara di pos Tugu Makutha belum lama ini.

Personel gabungan mengecek identitas pengendara di pos Tugu Makutha belum lama ini. (DAMIANUS BRAM/RADAR SOLO)

Share this      

SOLO – Teknis Operasi Ketupat Candi 2020 tahun ini berbeda dibandingkan dengan tahun-tahun sebelumnya, yakni digelar lebih lama. Mulai 24 April hingga 31 Mei.

Kapolda Jateng Irjen Pol Rycko Amelza Dahniel menuturkan, dalam operasi tahun ini, kepolisian fokus pada antisipasi para pemudik yang menuju Provinsi Jawa Tengah. 

“Tahun lalu kami fokus pada keselamatan lalu lintas dan antisipasi kemacetan saat arus mudik, kemudian menekan angka kecelakaan,” terangnya di Mapolresta Surakarta belum lama ini. 

Namun, setelah Presiden Joko Widodo mengumumkan tentang larangan mudik, serta terbitnya Permenhub Nomor 25 Tahun 2020, Polda Jateng langsung melalukan penyekatan di sejumlah ruas jalan yang dilakukan secara humanis.

“Ada lima jalur utama di Jawa Tengah, yakni Pantura, jalan Tol Trans Jawa Tengah, jalur selatan, dan jalur paling selatan. Dari lima jalur itu, ada tiga pintu masuk dari barat dan lima pintu masuk dari timur (yang disekat),” terangnya. 

Untuk penyekatan jalur kota ditangani masing-masing polres/polresta. Sekitar 1 kilometer sebelum titik penyekatan, lanjut kapolda, anggotanya sudah memberikan informasi dan imbauan larangan mudik. Diharapkan sebelum sampai titik penyekatan, pengendara sudah putar balik secara mandiri.

“Penyekatan dilakukan secara humanis sembari memberi imbauan tentang pencegahan Covid-19 secara sungguh-sungguh,” tegasnya. 

Kasatlantas Polresta Surkarta Kompol Afrian Satya Permadi mengatakan, jajarannya bersama Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Surakarta terus melakukan pemantauan di tiga pos pemantauan, yakni di Tugu Makutha, simpang Farokah, serta Palang Joglo. “Rencana kami tambah lagi di kawasan Jurug,” ungkapnya. (atn/wa/ria)

(rs/atn/per/JPR)

 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia