alexametrics
Jumat, 29 May 2020
radarsolo
Home > Karanganyar
icon featured
Karanganyar

BST Disalurkan Pekan Ini, 8.125 Keluarga Gagal Terima Bantuan

11 Mei 2020, 13: 11: 06 WIB | editor : Perdana

Ilustrasi

Ilustrasi (JPG)

Share this      

KARANGANYAR - Dari 25.836 keluarga yang sebelumnya diusulkan kepada pemerintah pusat, hanya 17.836 keluarga yang tercantum di Pusat Data dan Informasi Kementerian Sosial (Kemensos). Itu artinya ada 8.125 keluarga yang telah diusulkan, gagal menerima BST.

“Permasalahannya kemungkinan karena dobel NIK (nomor induk kependudukan), bisa juga terkait by name by address (BNBA) data yang sebelumnya kami ajukan,” terang Kepala Bidang Pemberdayaan dan Pembinaan Sosial (Dinsos) Karanganyar Marno.

Marno mengatakan, penyaluran BST dipastikan bakal dilakukan pekan ini. Ada dua cara, yakni melalui Bank Imbara yang sebelumnya sudah ditunjuk oleh Kemensos dan Kantor Pos Indonesia.

“Kalau yang melalui bank, nanti penerima akan dibukakan rekening oleh bank. Sedangkan yang dari kantor pos, nanti petugas akan datang ke daerah masing-masing dengan tetap menerapkan protokol kesehatan,” jelas Marno.

Kepala Dinsos Karanganyar Waluyo Dwi Basuki menambahkan, penyaluran BST akan dilakukan Bupati Juliyatmono pekan ini. Penerima akan mendapatkan Rp 600 per bulan selama tiga bulan.

Waluyo mengatakan, tidak hanya 8.125 keluarga yang dicoret Kemensos. Ada  3.107 keluarga di Karanganyar dipastikan juga tidak bisa menerima bantuan perluasan sembako. Bantuan ini akan disalurkan hingga Desember 2020. Besarannya Rp 200 ribu. 

“Kuota keluarga yang mendapatkan program perluasan sembako itu ada 20.456 keluarga, tapi setelah kami usulkan ke Kemensos hanya 17.358 yang diterima. Sisanya belum bisa masuk,” ujarnya. (rud/bun/ria) 

(rs/rud/per/JPR)

 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia