alexametrics
Jumat, 29 May 2020
radarsolo
Home > Wonogiri
icon featured
Wonogiri

Isolasi Mandiri Malah Tak Lekas Sembuh, Pasien Covid Ditarik ke RSUD

13 Mei 2020, 20: 07: 53 WIB | editor : Perdana

Petugas di depan ruang isolasi RSUD dr Soediran Mangun Sumarso

Petugas di depan ruang isolasi RSUD dr Soediran Mangun Sumarso (IWAN ADI LUHUNG/RADAR SOLO)

Share this      

WONOGIRI - Satu di antara dua warga positif Covid-19  yang menjalani isolasi mandiri, akhirnya dibawa ke rumah sakit. Hal ini karena progres kesembuhan pasien yang bersangkutan kurang optimal.

Bupati Wonogiri Joko Sutopo menuturkan, saat ini tinggal dua warga Wonogiri yang belum sembuh dari Covid-19. "Satu orang melakukan karantina mandiri. Satu lainnya dirawat di RSUD dr Soediran Mangun Sumarso," ujar bupati yang akrab disapa Jekek itu, Rabu (13/5).

Dia menambahkan, sebenarnya kedua warga tersebut telah melakukan isolasi mandiri. Namun, karena progres kesembuhan salah satu dari mereka tidak maksimal, akhirnya yang bersangkutan ditarik ke rumah sakit lini dua. Sementara satu warga lain, berinisial Y asal Kecamatan Pracimantoro saat ini masih menjalani isolasi mandiri di rumahnya.

Warga yang dirujuk ke ke RSUD dr Soediran Mangun Sumarso berinsial N asal Wonogiri Kota. Dia bekerja di klinik kecantikan di Jakarta dan terkonfirmasi positif pada 23 April lalu.

"Kondisinya relatif stabil. Tapi dari hitungan waktunya, kok progresnya belum optimal. Mungkin ada sesuatu yang kurang pas. Daripada kami berspekulasi akhirnya kami isolasi di RSUD," jelas Jekek.

Dengan dibawa ke RS, N akan mendapatkan penanganan dan pengawasan khusus. Selain itu, agar tenaga medis juga bisa melakukan monitoring khusus terhadap N, untuk mengetahui apakah ada penyakit bawaan yang menyertai paparan Covid-19.

"Daripada kami kecolongan, lebih baik kami rujuk saja. Mungkin juga ada kendala-kendala yang dialami oleh keluarga yang ada di rumahnya," kata Jekek yang juga  ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Wonogiri ini.

Sementara itu, berdasarkan data dari https://wonogirikab.go.id/index.php/info-corona/ yang di-update terakhir pada Selasa (12/5) pukul 21.00, secara kumulatif ada 10 warga Wonogiri yang positif Covid-19. Tujuh orang di antaranya sudah sembuh, sedangkan dua lainnya masih dalam perawatan. Pasien positif Covid-19 pertama di Wonogiri telah meninggal beberapa waktu lalu.

Untuk pasien dalam pengawasan (PDP), total ada 48 orang. Rinciannya, empat orang masih menjalani perawatan di RSUD dr Soediran Mangun Sumarso Wonogiri. Kemudian, 43 orang dinyatakan sembuh dan satu orang meninggal dunia dengan catatan negatif Covid-19.

Jumlah orang dalam pantauan (ODP) secara kumulatif ada 719 orang. Di antaranya 134 orang masih dipantau dan 585 orang sudah selesai pemantauan. (al/ria)

(rs/ria/per/JPR)

 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia