alexametrics
Jumat, 29 May 2020
radarsolo
Home > Solo
icon featured
Solo

Tim Sparta Banjir Konsultasi Persoalan Hukum

19 Mei 2020, 14: 05: 04 WIB | editor : Perdana

Tim Sparta gelar apel di halaman Mapolresta Surakarta, April lalu.

Tim Sparta gelar apel di halaman Mapolresta Surakarta, April lalu. (DAMIANUS BRAM/RADAR SOLO)

Share this      

SOLO – Setelah tim reaksi cepat spesialis antipekat, rusuh, terorisme, dan anarkitis (Sparta) resmi beroperasi, mereka banyak mendapat laporan masyarakat via call center. Namun, tidak seluruhnya merupakan aduan terkait kemanana dan ketertiban masyarakat (kamtibmas), tapi justru konsultasi terkait persoalan hukum.

Kasat Sabhara Polresta Surakarta Kompol Sutoyo mengatakan, masyarakat dapat melaporkan seluruh gangguan kamtibmas di nomor 08112957110. 

“Tim piket Sparta memegang langsung call center itu selama 24 jam. Call center ini saya kontrol langsung,” jelasnya, kemarin (18/5). 

Setiap hari, imbuh Sutoyo, selalu ada yang melaporkan gangguan kamtibmas. Termasuk konsultasi oleh masyarakat. “Mayoritas justru mau konsultasi. Kami arahkan ke piket satreskrim karena terkait perkara harus benar-benar detail. Kalau melalui call center nanti tidak terlayani maksimal. Ini juga agar masyarakat tidak memahami perkara secara sepotong-sepotong,” jelasnya. 

Sekadar informasi, Tim Sparta memiliki tanggung jawab berpatroli malam, serta harus selalu hadir dengan cepat jika masyarakat membutuhkan.

Saat dibentuk, Kapolresta Surakarta Kombes Pol Andy Rifai menegaskan, personel Tim Sparta akan bertugas lebih berat di luar tugas pokok. Mereka juga harus memiliki kemampuan fisik dan stamina terbaik.

“Saya yang latih langsung Sparta dengan pertempuran jarak dekat, teknis penggerebekan, penanggulangan huru-hara, dan kemampuan dasar antisipasi teror. Tim Sparta kini menjadi andalan dalam mengatasi dan meredam berbagai konflik di Kota Solo. Seleksinya sangat ketat karena risiko besar juga yang harus dihadapi,” terang Andy. (atn/wa/ria) 

(rs/atn/per/JPR)

 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia