alexametrics
Jumat, 05 Jun 2020
radarsolo
Home > Sragen
icon featured
Sragen

UKM Konveksi di Sragen Tertolong Pemesanan Masker

19 Mei 2020, 14: 30: 41 WIB | editor : Perdana

Salah satu tempat produksi konveksi di Kabupaten  Sragen tengah ngebut menyelesaikan pemesanan.

Salah satu tempat produksi konveksi di Kabupaten Sragen tengah ngebut menyelesaikan pemesanan. (AHMAD KHAIRUDIN/RADAR SOLO)

Share this      

SRAGEN – Usaha kecil menengah (UKM) di Sragen ikut terbantu dengan pesanan masker dari beberapa pihak di masa pandemi Covid-19 saat ini. Termasuk adanya pemesanan masal dari Pemkab Sragen. Meski saat ini jual beli sandang sedang menurun, namun dengan membuat masker bisa membantu keuangan UKM konveksi untuk terus berputar roda produksinya.

Kepala Dinas Koperasi dan UKM (Dinkop UKM) Kabupaten Sragen Untung Sugihartono menyampaikan, pesanan masker pada UKM di Sragen sudah rampung. Di pemkab pemesanan masker untuk pencegahan Covid-19 dibagi di dua dinas, yakni dinkop UKM dan dinas perindustrian dan perdagangan (disperindag). Untuk disperindag mengampu industri kecil menengah (IKM).  

”Kami pesan 500 ribu masker. Untuk pembuatannya dipasrahkan di UKM Sragen, yang melibatkan 500-an UKM,” terang Untung kepada Jawa Pos Radar Solo, kemarin.

Dia memaparkan dari setiap UKM, ditarget sebanyak 100-150 masker per hari. Produksinya saat ini sudah selesai. Setiap lembar masker dihargai Rp 3.000.  ”Alhamdulillah dengan ini Pemkab Sragen dapat memberikan stimulus, dan bisa bertahan di tengah pandemi. Ini agar (UKM) tetap bisa mencari pendapatan,” ungkap Untung.

Pihaknya menyampaikan saat ini ada beberapa UKM yang gulung tikar. Terutama UKM di bidang  hiburan dan katering. Seperti penyewaan sound sistem, event organizer, termasuk usaha rumah makan.

Memang masih ada UKM di bidang makanan masih yang bisa bertahan. Namun penjualannya dilakukan secara online, terutama jenis makanan kering. ”Mengikuti juga kebutuhan masyarakat saat ini, meski saat ini daya beli juga turun,” bebernya. (din/nik/ria)

(rs/din/per/JPR)

 TOP
Artikel Lainya
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia