alexametrics
Jumat, 05 Jun 2020
radarsolo
Home > Ekonomi & Bisnis
icon featured
Ekonomi & Bisnis

Sebagian Penumpang di Bandara Adi Soemarmo Tak Bawa Surat Bebas Covid

19 Mei 2020, 16: 18: 00 WIB | editor : Perdana

Pengecekan persyaratan penumpang oleh petugas di Bandara Internasional Adi Soemarmo, 10 Mei.

Pengecekan persyaratan penumpang oleh petugas di Bandara Internasional Adi Soemarmo, 10 Mei. (ISTIMEWA)

Share this      

SOLO – Bandara Internasional Adi Soemarmo menerapkan aturan ketat di tengah pandemi Covid-19. Salah satu syaratnya, penumpang wajib membawa surat keterangan (suket) negatif Covid-19. Hasil pantauan, masih ada sebagian penumpang yang tidak memiliki surat “sakti” tersebut.

Pejabat Humas Bandara Adi Soemarmo Danar Dewi menjelaskan, ada sebagian penumpang terkendala kelengkapan berkas persyaratan. Namun, dia memastikan penumpang yang berangkat dari Solo tidak ada yang gagal terbang.

“Ada beberapa tidak lengkap, kebanyakan tanpa surat keterangan negatif Covid-19. Namun, dari pihak airlines dan Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) sudah diarahkan untuk melengkapi terlebih dahulu,” terangnya kepada Jawa Pos Radar Solo.

Selama ini, lanjut Danar, calon penumpang terkendala kurang melampirkan hasil tes negatif Covid-19. Selebihnya, berkas persyaratan lainnya lengkap. “Kalau persyaratan sudah komplet, ya tidak ada masalah. Bisa langsung terbang,” sambungnya.

Pihak bandara mencatat, sejauh ini tidak banyak penumpang yang melakukan penerbangan. Danar menambahkan, jumlah penumpang masing-masing maskapai bervariatif. “Selain Citilink, sekarang sudah ada maskapai lain yang terbang di Bandara Internasional Adi Soemarmo. Ada Garuda Indonesia, Batik Air, dan Lion Air. Namun jadwalnya belum rutin setiap hari,” bebernya.

Danar mengaku penerbangan hanya dilakukan sesuai jadwal dari pihak maskapai. Pihak bandara juga masih menunggu informasi terkait kesiapan maskapai menjalankan penerbangan. “Kalau ada penerbangan, mereka akan memberitahukan kepada kami melalui surat,” terangnya. (aya/fer/ria)

(rs/aya/per/JPR)

 TOP
Artikel Lainya
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia