alexametrics
Jumat, 05 Jun 2020
radarsolo
Home > Solo
icon featured
Solo

6 Warga Joyotakan yang Reaktif Dikarantina di Rumah, Tidak Ada Gejala

22 Mei 2020, 11: 42: 15 WIB | editor : Perdana

Rapid test warga Joyotakan, Serengan, Rabu lalu (20/5).

Rapid test warga Joyotakan, Serengan, Rabu lalu (20/5). (ARIEF BUDIMAN/RADAR SOLO)

Share this      

SOLO – Enam warga Joyotakan yang reaktif berdasarkan hasil rapid test, kini menjalani karantina mandiri. Enam orang tanpa gejala itu segera menjalani swab test.

Seperti diketahui, sebelumnya telah dilaksanakan rapid test terhadap 247 warga Joyotakan, Kecamatan Serengan, Rabu lalu (20/5). Rapid test ini dilakukan setelah ada satu warga yang terkonfirmasi positif Covid-19. Bahkan, telah menulari dua warga lain yang masih berusia batita. Hasil rapid test menunjukkan, enam warga reaktif.

Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid 19 Kota Surakarta Ahyani menjelaskan, langkah swab test dilakukan untuk memastikan apakah mereka terpapar Covid-19 atau tidak.

“Pengambilan swab test akan dilakukan secepatnya. Sebab, hasil ini harus segera ditindaklanjuti. Untuk sementara enam warga itu dikarantina di rumah, karena tidak ada gejala batuk atau sakit seperti pasien dalam pengawasan (PDP) lainnya,” katanya, kemarin.

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Surakarta Siti Wahyuningsih mengatakan, selama masa karantina di rumah enam warga reaktif, warga lainnya diinstruksikan untuk menyelesaikan masa karantina mandiri selama 14 hari, terhitung sejak 17 Mei. Sebab, sebelumnya memang telah berlangsung karatina wilayah kepada 90 kepala keluarga di dua RT wilayah tersebut.

“Prinsipnya sampai karantina wilayah itu sepenuhnya tuntas,” tegasnya.

Perempuan yang akrab disapa Ning itu menyatakan, swab test diperlukan guna memastikan kondisi fisik enam warga usai dinyatakan reaktif. “Hasil rapid test memang belum tentu Covid-19. Mungkin ada infeksi lain. Makanya akan ditindaklanjuti dengan swab test,” pungkas Ning. (irw/bun/ria)

(rs/irw/per/JPR)

 TOP
Artikel Lainya
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia