alexametrics
Jumat, 05 Jun 2020
radarsolo
Home > Sukoharjo
icon featured
Sukoharjo

Berbagi Ala Polisi "Sayur", Sulap Mobil Patroli Jadi Gerobak Sembako

23 Mei 2020, 11: 24: 49 WIB | editor : Perdana

Mobil patroli Polsek Kartasura keliling di wilayahnya patroli sambil bagikan sayur ke warga, kemarin.

Mobil patroli Polsek Kartasura keliling di wilayahnya patroli sambil bagikan sayur ke warga, kemarin. (ARIEF BUDIMAN/RADAR SOLO)

Share this      

SUKOHARJO – Ada yang unik yang dilakukan Polsek Kartasura. Mobil big bond yang biasa dipakai patroli disulap menjadi mobil sayur. Bukan untuk dijual, tapi aneka sayuran dan sejumlah kebutuhan pokok lain iitu dibagika-bagikan kepada warga terdampak Covid-19.

Layaknya penjual sayur keliling, mobil big bond Polsek Kartasura ini dilengkapi dengan dudukan kayu di bak belakang untuk meletakkan aneka sayuran. Ada juga kebutuhan dapur, bumbu, lauk pauk, dan buah-buahan.

“Kami lakukan ini karena perintah presiden, kapolri dan kapolda bahwa saat pandemi ini kita harus gotong royong. Jadilah, patroli gerobak sayur,” kata Kapolsek Kartasura AKP Dani Permana, kemarin.

Semula, kata Dani, pihaknya membagikan beras, minyak goreng, dan bahan pokok lain tiga kali sepekan secara  door to door. Kemudian, muncul ide baru yakni dengan berkeliling membagikan sayuran, aneka lauk pauk mentah, bumbu, dan aneka buah. “Ini sebagai inovasi, karena semakin banyaknya masyarakat yang membutuhkan,”, katanya.

Targetnya, kata Dani, yakni empat desa seperti Ngemplak, Ngadirejo, Gumpang, dan Makamhaji. Mobil bergerak ke desa-desa untuk membagikan bahan-bahan makanan itu, layaknya penjual sayur.

“Ini tidak dijual, tapi kami bagikan. Setiap warga bisa menerima dua item bahan makanan. Misalnya sayur dan daging ayam. Bumbu dan tempe begitu,” jelas Dani.

Menurut Dani, masyarakat menyambut dengan antusias adanya patroli gerobak sayur ini. Bagaimana tidak, belum tengah hari, sayur sudah habis dan kembali ke Mapolsek untuk isi ulang sayur, lalu berangkat keliling lagi. “Kita rencananya sepekan dua kali, Rabu dan Jumat,” ujarnya.

Kapolres Sukoharjo AKBP Bambang Yugo Pamungkas mengatakan, patroli gerobak sayur digelar di 12 polsek di wilayah hukum Polres Sukoharjo. Namun, untuk Polsek Kartasura, Grogol dan Baki mempunyai kapasitas lebih dibanding polsek lainnya. “Kartasura, Grogol, dan Baki lebih banyak, karena daerah merah,” ungkap Bambang Yugo, kemarin.

Berbagi kebutuhan dapur ini menyasar ibu-ibu di desa-desa yang terdampak pandemi Covid-19 hingga tidak bisa memenuhi kebutuhan dapurnya. Dengan iuran anggota Polres Sukoharjo, polisi hadir di tengah-tengah masyarakat membantu masyarakat.

“Pekan depan lagi, tapi metodenya lain. Kalau yang sekarang kebutuhan menjelang Lebaran,” kata Bambang.

Menurut Bambang, selain membagikan sayur mayur dan kebutuhan dapur lain, polisi juga tetap memberikan imbauan protokol pencegahan penularan Covid-19.  (kwl/bun/ria)

(rs/kwl/per/JPR)

 TOP
Artikel Lainya
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia