alexametrics
Jumat, 29 May 2020
radarsolo
Home > Boyolali
icon featured
Boyolali

Komunitas Perantau Cobagada Kirim Paket Sembako ke Kampung Halaman

23 Mei 2020, 16: 18: 46 WIB | editor : Perdana

Perwakilan komunitas Perantau Cobagada Supomo menyerahkan bantuan 33 paket sembako kepada Ketua Pemuda RT4 RW 1, Dusun Babatan Suranto (kiri), Kamis (21/5).

Perwakilan komunitas Perantau Cobagada Supomo menyerahkan bantuan 33 paket sembako kepada Ketua Pemuda RT4 RW 1, Dusun Babatan Suranto (kiri), Kamis (21/5). (ISTIMEWA)

Share this      

BOYOLALI – Lantaran tak bisa mudik, para perantau yang kerja di kota pun tak bisa memberikan bingkisan Lebaran untuk kerabat di kampung halaman saat pandemi Covid-19 ini. Namun, para perantau yang tergabung dalam Komunitas 16:15:48Perantau Cobagada (Cosari, Babatan, Gatak, Dangean) punya cara untuk tetap bisa berbagi. Yakni dengan mengirimkan perwakilan untuk mendistribusikan paket sembako ke kampung halaman.

Komunitas Perantau Cobagada merupakan warga dari empat dukuh di Desa Gedangan, Kecamatan Cepogo yang merantau ke wilayah Jabodetabek maupun luar Jabodetabek. Mereka mendistribusikan ratusan paket sembako untuk meringankan beban kerabat di kampung halaman jelang Hari Raya Idul Fitri, Kamis (21/5).

Koordinator Paguyuban Perantau Cobagada Supardi mengatakan, aksi sosial kepada keluarga dan kerabat di kampung ini bukan kali pertama dilakukan. “Ini aksi kali kelima. Sebelumnya kami pernah mengirimkan bantuan paket sembako kepada warga yang terdampak erupsi Gunung Merapi di 2010. Seperti bantuan pengecoran jalan ke makam, pembangunan masjid dan musala. Dan kemarin penyaluran sembako di tengah pandemi Covid-19,” kata Supardi, Jumat (22/5).

Dengan jumlah anggota 66 orang, pihaknya telah mengumpulkan donasi senilai Rp 17 juta selama empat hari. Dari total jumlah donasi itu, sebanyak Rp 8 juta telah dibelanjakan 104 paket sembako. Yakni berisi 5 kg beras, 1 liter minyak goreng, dan 1 kg terigu. Sebanyak 71 paket sembako diberikan kepada warga Dusun Dangean RT 3 RW 1 dan 33 paket sembako kepada warga Dusun Babatan RT 4 RW 1.

Sementara sisa donasi yang telah terkumpul akan digunakan untuk kegiatan sosial tahap kedua. "Semoga sedikit kepedulian dari kami yang merupakan warga perantauan bisa meringankan beban orang tua dan warga yang berada di kampung karena pandemi Covid-19. Semoga bantuan ini juga akan terus berlanjut selama masa pandemi,” pungkas Supardi. (ryn/ria)

Perwakilan komunitas Perantau Cabagada Supomo menyerahkan bantuan 71 paket sembako kepada Ketua RT 3 RW 1, Dusun Dangean Widodo. 

Perwakilan komunitas Perantau Cabagada Supomo menyerahkan bantuan 71 paket sembako kepada Ketua RT 3 RW 1, Dusun Dangean Widodo.  (ISTIMEWA)

(rs/ria/per/JPR)

 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia