alexametrics
Jumat, 05 Jun 2020
radarsolo
Home > Klaten
icon featured
Klaten

Bocah 13 Tahun & Kakak di Klaten Tertular Covid dari Sang Ayah

23 Mei 2020, 22: 15: 32 WIB | editor : Perdana

Ilustrasi

Ilustrasi (IRECK OKTAVIANTO/RADAR SOLO)

Share this      

KLATEN - Gugus Tugas Pencegahan dan Pengendalian Covid-19 Kabupaten Klaten mengumumkan penambahan satu pasien positif Covid-19. Kali ini pasien merupakan seorang anak perempuan berinisial RFM usia 13 tahun asal Kecamatan Karanganom.

Dimungkinkan RFM tertular dari ayahnya berinisial MA, 51, yang pada 11 Mei telah dinyatakan sembuh. RFM menyusul kakaknya, yakni HHM, 20, yang terlebih dahulu dinyatakan positif Covid pada 16 Mei. HHM diduga juga tertular dari ayahnya.

“Bisa jadi ananda RFM ini tertular dari anggota keluarga yang sudah terkonfirmasi positif terlebih dahulu. Saat ini yang bersangkutan dirawat di Rumah Sakit Daerah (RSD) Bagas Waras Klaten,” jelas Juru Bicara Gugus Tugas Pencegahan dan Pengendalian Covid-19 Kabupaten Klaten Cahyono Widodo, Sabtu (23/5).

Saat HHM dinyatakan positif Covid-19, sebenarnya sang ibu dan adik, RFM langsung dilakukan tes swab. Hasilnya, sang ibu menunjukkan negatif, sedangkan RFM positif. Dengan ini, artinya dalam satu keluarga terdapat tiga anggota yang positif Covid-19 dengan transmisi lokal.

Sang ayah alias MA sendiri awalnya dinyatakan positif Covid-19 pada 20 April dan dirawat di RSU Islam Klaten. Diduga MA tertular virus korona saat ke luar kota karena kesehariannya bekerja di Kota Solo. Hingga akhirnya MA diduga menularkan Covid kepada kedua anaknya saat di rumah.

“Dari tim gugus tugas telah melakukan pelacakan kepada orang-orang yang pernah kontak dengan pasien RFM ini. Nantinya kita akan lakukan rapid test kepada yang memiliki riwayat kontak, dalam rangka pencegahan penyebaran Covid-19 ini,” jelas Cahyono.

Sementara itu, penjemputan oleh tim Dinas Kesehatan (Dinkes) Klaten dengan alat pelindung diri (APD) telah dilakukan kepada RFM. Yang bersangkutan langsung dibawa ke RSD Bagas Waras Klaten untuk menjalani perawatan di ruang isolasi. Menyusul kakaknya yang sudah satu pekan menjalani perawatan di rumah sakit milik pemkab tersebut.

Sedangkan sang ayah alias MA sampai saat ini masih menjalani isolasi mandiri selama 14 hari setelah dinyatakan sembuh. Termasuk tetap menjalani protokol pencegahan Covid-19 selama isolasi berlangsung.

Dengan penambahan satu kasus ini, maka secara kumulatif kasus positif Covid-19 yang masih menjalani perawatan di rumah sakit sebanyak tujuh orang. Pasien-pasien tersebut dirawat di RSD Bagas Waras Klaten, RSUP dr Soeradji Tirtonegoro Klaten, RSJD Dr Soedjarwadi Klaten, dan RS Hermina Jogja. (ren/ria)

(rs/ren/per/JPR)

 TOP
Artikel Lainya
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia