alexametrics
Senin, 06 Jul 2020
radarsolo
Home > Solo
icon featured
Solo

Besok, ASN Pemkot Solo Akhiri WFH, Mulai Ngantor Lagi

01 Juni 2020, 12: 01: 57 WIB | editor : Perdana

Pelayanan di Kantor Disdukcapil Surakarta sebelum diterapkan WFH April lalu.

Pelayanan di Kantor Disdukcapil Surakarta sebelum diterapkan WFH April lalu. (DAMIANUS BRAM/RADAR SOLO)

Share this      

SOLO – Pemerintah Kota Surakarta resmi mengakhiri konsep bekerja dari rumah atau lebih akrab dikenal sebagai work from home (WFH) sejak Covid-19 makin mewabah. Selasa (2/6) besok, para ASN di lingkungan Pemkot Surakarta kembali bekerja di kantor masing-masing.

Kebijakan tersebut tertuang dalam Surat Edaran (SE) Nomor 061.1/978. Sesuai SE yang telah dikeluarkan Sekda Surakarta ini, WFH berakhir 1 Juni 2020. ASN kembali masuk kerja di kantor mulai Selasa besok (2/6).

Kebijakan tersebut berbeda dengan Surat Edaran (SE) Nomor 57 Tahun 2020 yang diterbitkan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB) Tjahjo Kumolo pada 28 Mei lalu. Dalam SE Mendagri tersebut, WFH ASN diperpanjang sampai 4 Juni. “Kami mengakhiri WFH atau kerja dari rumah bagi ASN sebagai upaya persiapan menuju new normal di tengah wabah Covid-19,” ujar Wali Kota F.X. Hadi Rudyatmo, kemarin.

Saat mulai bekerja di kantor masing-masing, ASN wajib menerapkan protokol kesehatan penanganan Covid-19. Yakni dengan memakai masker, jaga jarak, dan mencuci tangan pakai sabun atau membawa hand sanitizer sendiri. 

Bagi yang kondisinya kurang sehat seperti batuk, nyeri tenggorokan, demam, dan sesak napas, disarankan tidak masuk kantor terlebih dahulu. Namun akan tetap diberikan hak-haknya selama menjalankan isolasi mandiri. “Untuk presensi kehadiran, kami lakukan melalui finger print sesuai ketentuan yang berlaku. Dengan menyiapkan sarana cuci tangan atau hand sanitizer,” terang Rudy.

Terkait pelaporan e-kinerja dan pakaian dinas bagi ASN, tetap dilaksanakan dengan ketentuan yang berlaku. Pun demikian dalam menjalankan tugas kedinasan berpedoman pada Keputusan Menteri Kesehatan RI Nomor HK.01.07/MENKES/328/2020 tentang Panduan Pencegahan dan Pengendalian Covid-19 di Tempat Kerja Perkantoran dan Industri Dalam. “Kebijakan ini berlaku efektif tanggal 2 Juni dan akan kami ubah bila ada sesuatu yang mendesak,” tutur dia. (ves/bun/ria)

(rs/ves/per/JPR)

 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia