alexametrics
Senin, 06 Jul 2020
radarsolo
Home > Solo
icon featured
Solo

HUT Ke-12, Advokai Jateng Bagi Sembako

02 Juni 2020, 18: 43: 21 WIB | editor : Perdana

HUT Ke-12, Advokai Jateng Bagi Sembako

SOLO – Kongres Advokat Indonesia (KAI) berupaya menjadi terdepan dalam melayani masyarakat di bidang hukum. Di usia ke-12 pada 30 Mei lalu, Kongres KAI Jawa Tengah juga menggelar bakti sosial baik kepada anggota advokat maupun kepada masyarakat.

Saat ini, Advokai terdepan di bidang elektronik. Di antaranya data base KAI, semua kegiatan KAI internal yang menyangkut keanggotaan SDM serta kegiatan lain kerjasama dengan perguruan tinggi bisa diakses melalui E-Lawyer. Kemudian, seluruh kegiatan KAI sudah terkoneksi dengan dinas kependudukan dan pencatatan sipil (Disdukcapil) secara nasional maupun dengan E-court. Sehingga identitas keanggotaan KAI bisa diperiksa di situs milik disdukcapil maupun E-court milik Mahkamah agung (MA).

Tak hanya itu, KAI berusaha membangun peradaban baru di dunia advokat. Antara lain dimulai dengan ketaatan terhadap hukum dan regulasi yang ada. Misalnya kaitannya dengan pendaftaran keorganisasian KAI ke Kemenkumham dengan membangun ketaatan KAI di bidang organisasi, melalui identitas tunggal.

”Selain itu, Advokai membangun kerjasama dengan pihak pemerintah, swasta maupun organisasi advokat asing, serta membangun secara sinergi dengan penegak hukum seperti polisi, jaksa, hakim, korpri, serta MK,” ucap Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Kongres Advokai Jateng, Wahyu Winarto, kemarin (2/6).

Wahyu menyampaikan, Advokai menekankan untuk menumbuhkan partisipasi masyarakat dalam mewujudkan penegakan hukum secara adil. Serta mendorong setiap anggota KAI untuk melakukan pelayanan hukum secara pro bono. Minimal dua kali dalam setahun, maksimal lima kali dalam setahun.

“Advokai juga membangun kerja sama dengan organisasi lainnya. Utamanya dalam melakukan advokasi terhadap teman sejawat yang berhadapan dengan masalah hukum,” tuturnya.

Selama pandemi Covid-19, Advokai memberikan pelayanan khusus kepada masyarakat. Kegiatan 13 Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Advokai se Jateng antara lain pembagian paket sembako ke tukang sampah, hansip, supeltas di Kecamatan Banjarsari dan Jebres, April lalu.

“Kemudian pembagian 1.000 masker oleh DPC KAI Klaten kepada warga terdampak Covid-19, paket sembako untuk para janda Advokat, ziarah makam pada rekan sejawat Advokat yang telah meninggal dunia. Serta konsultasi gratis yang akan diadakan pada Minggu (14/6) hingga Minggu (21/6) mendatang di tiap kantor cabang,” ungkapnya.

Selain itu, advokai merekrut orang-orang yang berdedikasi, berkualitas, dalam bidang hukum. Misalnya DPC KAI yang sudah bekerja sama dengan  Universitas Islam Batik (UNIBA) Surakarta selama empat angkatan.

”Kedepannya, mudah-mudahan dapat mengembangkan kerjasama baik di universitas se-Eks Karasidenan Surakarta maupun universitas se-Jawa Tengah,” ungkapnya. (sct/ryn/adi)

(rs/adi/per/JPR)

 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia