alexametrics
Senin, 06 Jul 2020
radarsolo
Home > Klaten
icon featured
Klaten

1.181 CJH Klaten yang Batal ke Tanah Suci Jadi Prioritas Tahun Depan

03 Juni 2020, 10: 18: 31 WIB | editor : Perdana

Para calon jamaah haji berpamitan ke Bupati Klaten Sri Mulyani pada pemberangkatan ibadah haji tahun lalu.

Para calon jamaah haji berpamitan ke Bupati Klaten Sri Mulyani pada pemberangkatan ibadah haji tahun lalu. (ANGGA PURENDA/RADAR SOLO)

Share this      

KLATEN – Pembatalan pemberangkatan ibadah haji tahun ini membuat 1.181 calon jamaah haji (CJH) asal Kabupaten Klaten harus kembali bersabar. 

Kasi Penyelenggara Haji dan Umroh, Kementerian Agama (Kemenag) Klaten Muhammad Yusuf mengatakan, sesuai rencana 1.181 CJH tersebut akan berangkat dengan empat kelompok terbang (kloter). Yakni kloter 42, 43, 44, dan 45.

“Tapi pemberangkatan calon jamaah haji dibatalkan. Kami berharap kepada calon jamaah haji, mohon bisa mengerti dan bersabar serta tawakal,” jelas Yusuf, kemarin.

Lebih lanjut Yusuf menjelaskan, pembatalan pemberangkatan haji tahun ini semata-mata demi kesehatan CJH. Mengingat cukup riskan melakukan perjalanan ibadah haji ke Arab Saudi di tengah pandemi Covid-19 seperti saat ini. Meski begitu, CJH yang batal berangkat tahun ini tetap menjadi prioritas untuk diberangkatkan pada 2021.

“Sebenarnya secara teknis sudah sampai proses pembuatan paspor sekaligus permohonan visa ke Kanwil. Tapi karena ada pembatalan penyelenggaraan tahun ini, maka akan kami kembalikan paspor kepada calon jamaah. Tapi untuk mekanismenya, kita tunggu dari Kanwil,” jelas Yusuf.

Seluruh CJH asal Klaten juga sudah melunasi seluruh biaya penyelenggaraan ibadah haji (BPIH) dengan total Rp 35,9 juta per CJH. Terdiri dari setoran awal sebesar Rp 25 juta dan pelunasan sebesar Rp 10,9 juta. Nantinya untuk biaya pelunasan bisa diambil oleh CJH.

“Terkait nanti pengelolaan BPIH yang sudah dibayarkan para calon jamaah haji, begitu juga mekanisme pengambilan biaya pelunasannya seperti apa, kita masih menunggu dari Kanwil,” pungkasnya. (ren/ria)

(rs/ren/per/JPR)

 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia