alexametrics
Senin, 06 Jul 2020
radarsolo
Home > Sepak Bola
icon featured
Sepak Bola

Liga 1 & Liga 2 Dilanjutkan, Usulkan Stadion Manahan Jadi Tuan Rumah

03 Juni 2020, 11: 51: 41 WIB | editor : Perdana

Persis Solo menjalani latihan di Stadion Manahan jelang laga uji coba melawan Persib Bandung, Februari lalu.

Persis Solo menjalani latihan di Stadion Manahan jelang laga uji coba melawan Persib Bandung, Februari lalu. (ARIEF BUDIMAN/RADAR SOLO)

Share this      

SOLO – Klub-klub Liga 1 dan Liga 2 kembali mengikuti rapat virtual bersama PSSI untuk menentukan nasib kompetisi musim 2020, kemarin. Dari rapat virtual tersebut muncul sejumlah usulan dari para kontestan.

Rapat dipimpin Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan. Hasil keputusan sementara, Liga 1 akan kembali digelar September mendatang. Sementara Liga 2 digelar antara awal atau pertengahan Oktober. Selain itu, kompetisi akan dipusatkan di pulau Jawa dengan sistem home tournament.

Melihat peluang tersebut, Persis yang diwakili Manajer Hari Purnomo mengusulkan Stadion Manahan sebagai tuan rumahnya. Menurut Hari, Kota Solo pantas untuk menggelar kompetisi lanjutan Liga 2 maupun Liga 1 di tengah new normal masa pandemi Covid-19.

”Saya langsung mengusulkan Manahan jadi tuan rumah jika nanti benar-benar digelar sistem home tournament,” beber Hari kepada Jawa Pos Radar Solo.

Pihaknya juga meminta keputusan resmi diumumkan secepatnya. Karena setiap tim butuh mempersiapkan kembali pemainnya. Mengingat, pemain sudah diliburkan sejak dua bulan terakhir.

”Jika dimulai Oktober, paling tidak Juli harus sudah memanggil kembali para pemain. Karena pastinya fisik mereka drop sejak libur kompetisi ini,” tegasnya.

Selain itu, Hari menyinggung payung hukum terkait pembayaran gaji pemain. Sebab, setiap tim harus tetap membayar gaji antara Maret hingga Juni. ”Karena persoalan gaji ini yang paling banyak jadi pembicaraan. Jadi harus jelas payung hukumnya,” jelasnya.

Keputusan rapat lainnya adalah tidak ada sistem degradasi yang diberlakukan untuk musim 2020. Hanya dua tim dari Liga 2 yang bakal promosi ke Liga 1 musim depan, dari jatah awal tiga tim untuk main di Liga 1 2021. Sementara untuk Liga 2 akan dibagi ke empat grup. Setiap klub mendapat subsidi Rp 200 juta per bulan selama kompetisi berjalan. PSSI juga sudah menyiapkan protokol kesehatan untuk Liga 1 dan Liga 2. (adi/ria)

(rs/adi/per/JPR)

 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia