alexametrics
Senin, 06 Jul 2020
radarsolo
Home > Solo
icon featured
Solo

Rotary Peduli Kesehatan Masyarakat Solo

04 Juni 2020, 21: 12: 20 WIB | editor : Perdana

PEDULI: District Governor Rotary Indonesia Febri Hapsari Dipokusumo (kiri) serahkan bantuan kepada Wali Kota Surakarta F.X. Hadi Rudyatmo di Loji Gandrung, Kamis (4/6).

PEDULI: District Governor Rotary Indonesia Febri Hapsari Dipokusumo (kiri) serahkan bantuan kepada Wali Kota Surakarta F.X. Hadi Rudyatmo di Loji Gandrung, Kamis (4/6). (RYAN LEMON/RADAR SOLO)

Share this      

SOLO – Rotary Indonesia District 3420 Area Solo yang meliputi Rotary Club of Solo Kartini, Rotary Club of Solo Raya, dan Rotary Club of Solo Sriwedari memberikan sejumlah bantuan kepada Pemerintah Kota (Pemkot) Surakarta. Dalam rangkan mendukung program pemerintah di bidang kesehatan. Salah satunya mengatasi pandemi virus korona (Covid-19) dan stunting (gagal pertumbuhan pada anak).

Rotary Club merupakan organisasi pengabdian masyarakat tertua di dunia. Tahun ini genap berusia 115 tahun. Aktif memberi pelayanan dan jasa kemanusiaan, membangun kebersamaan, hingga ikut menciptakan perdamaian dunia. 

Rotary telah menyebar ke 168 negara. Mempunyai lebih dari 1,2 juta anggota dari total 32.000 klub. Di Indonesia, Rotary memiliki dua distrik. Yakni District 3410 yang meliputi DKI Jakarta, Sumatra, Kalimantan, dan Di Jogjakarta. Sedangkan District 3420 meliputi Jawa Tengah, Jawa Timur, Bali, Nusa Tenggara, Sulawesi, dan Papua.

Mengatasi masalah kesehatan, Rotary District 3420 Indonesia menyerahkan 100 unit wastafel portable. Ditempatkan di kelurahan, kecamatan, SMP negeri, RSUD Bung Karno, dan area publik lainnya. Secara simbolis, bantuan diserahkan District Governor Rotary Indonesia Febri Hapsari Dipokusumo kepada Wali Kota Surakarta F.X. Hadi Rudyatmo di Loji Gandrung, kemain (4/6).

“Harapannya, bantuan ini dapat membantu masyarakat dalam memperhatikan pola hidup sehat. Besar harapan kami, bantuan ini dapat menekan laju pertumbuhan pasien yang terinfeksi kasus virus Covid-19,” terangnya usai penyerahan bantuan.

Sementara itu, Rotary Club of Solo Kartini ikut berperan membantu pemerintah dalam pencegahan dan penanganan Covid-19. Memberikan bantuan alat pelindung diri berupa 2.000 masker N-95, 5.000 face shield, 1.000 masker kain, 1.000 baju hazmat, dan perlengkapan medis lainnya. Bantuan diserahkan ke Dinas Kesehatan Kota (DKK) Surakarta. Nantinya, bantuan akan disalurkan ke berbagai rumah sakit dan puskesmas.

Selain itu, juga ada program Rotary Peduli Stunting. Gerakan ini untuk mencegah balita di Kota Bengawan mengalami stunting. Mengatasinya, dibagikan 971 kardus susu formula untuk balita usia 0-3 tahun.

Assistant Governor Rotary Region 4 Area Solo Amy Kadiono mengimbau agar balita juga diperhatikan gizinya. Sebab, mereka adalah generasi penerus bangsa. Kendati saat ini fokus pemerintah pada penanganan pandemi Covid-19.

“Karena balita membutuhkan gizi dan kehidupan yang lebih baik. Jadi harus disiapkan mulai dari sekarang. Jangan sampai pada kondisi pandemi, semua sibuk dengan bantuan APD dan lain-lain. Akan tetapi gizi balita dilupakan,” tuturnya. (adv/ryn/fer)

(rs/fer/per/JPR)

 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia