alexametrics
Sabtu, 11 Jul 2020
radarsolo
Home > Solo
icon featured
Solo

Putusan 4 Hakim PN Solo yang Diperiksa PT Jateng Diklaim Prosedural

12 Juni 2020, 07: 56: 07 WIB | editor : Perdana

Ilustrasi

Ilustrasi (JawaPos.com)

Share this      

SOLO – Pemeriksaan terhadap empat hakim Pengadilan Negeri (PN) Surakarta oleh Pengadilan Tinggi (PT) Jawa Tengah mendapat respons dari Albert Riyadi Suwono, pihak yang perkaranya ditangani empat hakim bersangkutan. Dia mengklaim putusan para hakim tersebut sudah sesuai prosedur.

“Lembaga peradilan yang agung, khususnya Pengadilan Negeri Surakarta Kelas 1A tentunya tidak akan membuat keputusan yang di luar prosedur. Apalagi sudah memperoleh anugerah zona integritas wilayah bebas korupsi tahun 2019 dari menteri pendayagunaan aparatur negara dan reformasi birokrasi,” jelasnya di kantor Jawa Pos Radar Solo, kemarin (11/6).

Menurut dia, menjadi hak pengadilan tinggi untuk melakukan pemeriksaan terhadap keempat hakim itu. Tapi, kurator asal Surabaya ini lagi-lagi memastikan bahwa putusan PN Surakarta Nomor.3/Pdt.G.S/2020/PN.Skt yang telah inkracht sudah prosedural.

“Sebagai kurator, saya telah menjalankan perintah undang-undang,” tegas dia.

Diberitakan sebelumnya, keempat hakim tersebut mengadili permohonan gugatan sederhana dan upaya keberatan yang diajukan Albert Riyadi Suwono terhadap PT Bank Central Asia sebagai tergugat.

Dalam amar putusannya, hakim PN Surakarta memerintahkan penanganan perkara dugaan penggelapan, perbuatan curang, pemalsuan surat, dan atau pencucian uang terhadap pemohon yang ditangani oleh Direktorat Reserse Kriminal Umum Polda Jawa Tengah tersebut dihentikan.

Juru bicara Pengadilan Tinggi Jawa Tengah Edi Risdiyanto membenarkan adanya proses pemeriksaan kepada keempat hakim tersebut. Adapun pemeriksaan itu dilakukan tim yang beranggotakan para hakim pengawas. (wa/ria)

(rs/it/per/JPR)

 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia