alexametrics
Senin, 10 Aug 2020
radarsolo
Home > Pendidikan
icon featured
Pendidikan

72 Anak Nakes di Solo Dipastikan Bisa Daftar Sekolah Jalur Afirmasi

19 Juni 2020, 06: 00: 59 WIB | editor : Perdana

Ilustrasi PPDB

Ilustrasi PPDB (JawaPos.com)

Share this      

SOLO - Sebanyak 72 anak tenaga kesehatan (nakes) asal Solo bisa mengikuti penerimaan peserta didik baru (PPDB) online SMA/SMK jalur afirmasi. Mereka adalah anak nakes yang menangani Covid-19.

Ketua Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) SMA Agung Wijayanto mengatakan sebanyak 72 anak nakes yang menangani covid -19 itu telah terdaftar dalam database Provinsi Jateng. "Sehingga 72 anak tersebut bisa mendaftar melalui jalur afirmasi. Dan syaratnya sesuai petunjuk teknis (juknis) PPDB online SMA/SMK. Selain itu, kuota jalur afirmasi anak nakes yang menangani covid-19 hanya 5 persen tiap sekolah," terang Agung pada Jawa Pos Radar Solo, kemarin. 

Agung mengatakan, hanya anak nakes yang terdaftar di database Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Jateng saja yang mendapat keistimewaan lewat jalur afirmasi. Data tersebut berdasarkan rekomendasi berjenjang dari dinkes kabupaten/kota di Jateng. Sedangkan bagi anak nakes yang menangani langsung Covid-19 dengan wilayah kerja di luar Jateng, bisa mendapat dispensasi atau prioritas langsung diterima. 

Terutama di sekolah wilayah zonasi anak, apabila orang tua calon peserta didik masih tercatat sebagai warga Provinsi Jateng. "Khusus ini (bekerja diluar dengan KK Jateng,Red) harus dibuktikan dengan kartu keluarga (KK) dan surat yang diterbitkan oleh dinkes provinsi tempatnya bertugas. Jadi jalur afirmasi anak nakes ini dikhususkan bagi warga Jateng," imbuhnya. 

Sementara itu, kuota afirmasi masih sama yakni paling sedikit 15 persen dari total kuota yang diterima di sekolah terkait. Bagi anak nakes serta tenaga pendukung yang menangani langsung Covid-19 mendapatkan kuota 5 persen. Sedangkan 10 persen lainnya bagi anak tidak mampu dan anak panti asuhan. (rgl/ria)

(rs/rgl/per/JPR)

 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia