alexametrics
Minggu, 09 Aug 2020
radarsolo
Home > Sepak Bola
icon featured
Sepak Bola

Liga 2 Fix Dimulai Oktober, Ancang-Ancang Agustus Tim Latihan Lagi

20 Juni 2020, 23: 10: 46 WIB | editor : Perdana

Winger Persis Solo Nanang Asripin (kiri) saat melawan Persijap Jepara di ajang Piala Polda Jateng, 2015 silam.

Winger Persis Solo Nanang Asripin (kiri) saat melawan Persijap Jepara di ajang Piala Polda Jateng, 2015 silam. (NIKKO AUGLANDY/RADAR SOLO)

Share this      

SOLO – Kemarin (19/6) siang, PSSI mengumumkan kompetisi Liga 1 dan Liga 2 2020 akan dilanjutkan, mulai September atau Oktober mendatang. Kepastian ini setelah dilakukan rapat Komite Eksekutif (Exco) PSSI pada Rabu (17/6) secara virtual. 

Persis Solo ikut lega dengan keputusan tersebut. Namun manajemen maupun tim kepelatihan tetap menunggu kejelasan dari PSSI secara langsung. “Kami bisa memastikan langkah kalau PSSI sudah mengirimkan surat resminya ke klub. Dan saat ini belum ada. Kalau PSSI sudah mengumumkan jika benar Liga 2 digelar Oktober, Agustus nanti kami akan mulai mengumpulkan pemain,” terang Manajer Persis Solo Hari Purnomo kepada Jawa Pos Radar Solo.

Meski demikian, sebenarnya Hari masih sedikit menyimpan keraguan dan pertanyaan. Sebab, sebelumnya manajeman telah mendengar pernyataan Ketua Gugus Tugas Covid-19 Doni Monardo saat diwawancarai oleh wartawan. Bahwa Doni tak sepakat jika Liga 1, Liga 2 hingga liga basket digulirkan dalam waktu dekat.  Alasannya karena olahraga sepak bola dan basket sifatnya bersentuhan badan.

“Itu juga yang kami pertanyakan. Apakah pemerintah melalui gugus tugas Covid-19 sudah ikut mengizinkan? Kalau dari kami hanya bisa menunggu kepastian saja. Sembari menanti kompetisi bisa benar-benar digelar,” ujar Hari Purnomo.

Seperti diketahui, kompetisi Liga 1 dan 2 2020 terpaksa dihentikan PSSI pada pertengahan Maret lalu karena pandemi Covid-19 mulai melanda Indonesia.

“Setelah kompetisi dihentikan, kami intens melakukan komunikasi dengan klub Liga 1 dan Liga 2. Mereka sepakat bahwa kompetisi harus dilanjutkan. Setelah itu, kami bawa ke rapat Exco, dan dengan ini PSSI memutuskan melanjutkan kompetisi,” kata Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan.

Selain melakukan koordinasi dengan klub Liga 1 dan Liga 2, PSSI juga berkoordinasi dengan Asosiasi Pelatih Sepak bola Indonesia (APSSI) serta Asosiasi Pesepakbola Profesional Indonesia (APPI). Mereka pun sepakat ingin kompetisi dilanjutkan. PSSI juga melakukan koordinasi dengan Kemenpora, Kemenkes maupun tim gugus tugas Covid-19 terkait lanjutan kompetisi ini.

“Tentu lanjutan kompetisi nanti akan dilakukan sesuai protokol kesehatan. Pekan lalu, PT LIB juga sudah memaparkan teknis pelaksanaan lanjutan kompetisi Liga 1 dan Liga 2 2020 kepada PSSI. Termasuk timeline dari mulai sampai ujung kompetisi. Saat ini PSSI sedang menyusun semua regulasi kompetisi lanjutan nanti, seperti regulasi kesehatan, permainan, media dan lain-lain,” tambah Plt Sekjen PSSI Yunus Nusi. (nik/ria)

(rs/NIK/per/JPR)

 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia