alexametrics
Sabtu, 11 Jul 2020
radarsolo
Home > Sepak Bola
icon featured
Sepak Bola

Siapapun Lawannya, Persis Optimistis Ditunjuk jadi Host Liga 2

21 Juni 2020, 08: 10: 59 WIB | editor : Perdana

MENUNGGU KEPASTIAN: Striker Persis Solo M. Isa (jersey merah) saat dimainkan timnya  uji coba dengan PS UTP di Stadion Sriwedari, 3 Desember 2019 silam.

MENUNGGU KEPASTIAN: Striker Persis Solo M. Isa (jersey merah) saat dimainkan timnya  uji coba dengan PS UTP di Stadion Sriwedari, 3 Desember 2019 silam. (RADAR SOLO PHOTO)

Share this      

SOLO – Kompetisi lanjutan Liga 2 2020 direncanakan akan mulai lagi, Oktober mendatang. Ada wacana laga lanjutan Liga 2 2020 digelar secara home tournament di babak penyisihan dan delapan besar. Di babak penyisihan yang sebelumnya ada dua grup (wilayah barat dan timur) yang sudah dibagi di awal musim, rencananya akan diubah menjadi empat grup. Yang mana satu grup terdiri dari enam klub. 

Jika mengacu pada wacana home tournament yang venue-nya dipusatkan di pulau Jawa, besar kemungkinan Solo bisa jadi prioritas untuk tuan rumahnya.

"Kami belum bisa memastikan regulasi baru seperti apa. Wacananya sih memang seperti itu. Belum  tahu juga nanti di grup timur (yang Persis tempati) apakah akan dibagi ke dalam dua grup, atau semua klub Liga 2 akan dikocok ulang lagi grupnya.  Yang hasilnya nanti akan disebar menjadi empat grup. Kami menunggu perkembangan dan keputusan dari PT LIB selaku operator saja," terang Manajer Persis Solo Hari Purnomo kepada Jawa Pos Radar Solo kemarin.

Jika bayangan grup timur akan dibagi ke dalam dua grup, bisa jadi ada lima nominasi venue di pulau jawa yang dua diantaranya bisa dipilih. Mulai dari Stadion Manahan (markas Persis Solo), Stadion Wijayakusuma Cilacap (home base PSCS), atau Stadion Gelora Bumi Kartini (kandang Persijap Jepara) yang ketiganya ada di provinsi Jawa Tengah. Nominasi lainnya ada juga dua venue di Jawa Timur, yakni Stadion Delta Sidoarjo yang jadi markas PS Hizbul Wathan, ataupun Stadion Gelora Joko Samudro yang jadi homebase Putra Sinar Giri. Dari lima nama tersebut, Stadion Manahan dan Gelora Delta cukup sering dijadikan tuan rumah di beberapa event nasional.

“Kalau bicara kualitas stadion, jelas Stadion Manahan yang terbilang paling wah dan komplet dari sisi sarana prasarana. Nilai keuntungannya tentu saja lapangan latihan banyak di sini. Lokasi stadionnya juga ada di tengah-tengah pusat kota. Cari hotel juga gampang. Jadi Solo tentu bisa jadi nominasi utama untuk dipilih jika regulasi barunya adalah home tournament,” tuturnya.

Soal calon lawan, Hari Purnomo juga belum bisa memastikan. Sejatinya Persis menjalani laga perdana Liga 2 2020 melawan PSCS Cilacap, 15 Maret lalu. Sayang gagal karena Solo keburu berstatus kejadian luar biasa (KLB) korona. 

Di klasemen sementara Grup Timur, Dari 12 klub, baru ada 8 klub yang sudah bertanding. Selain laga  Persis kontra PSCS, laga lainnya yang tak jadi digelar adalah antara Persewar Waropen versus Putra Sinar Giri (16/3). Untuk sementara waktu ada empat klub di grup timur yang sukses mendulang tiga poin pertama, yakni Mitra Kukar, Persiba Balikpapan, Persijap Jepara dan Sulut United.

“Soal lawan kita nanti siapa, yang pasti Persis siap. Yang pasti kemungkinan nanti laga akan berjalan cepat dan ketat. Di babak penyisihan besar kemungkinan kami main lima kali, lalu di babak delapan besar main tiga kali karena statusnya juga kemungkinan home tournament. Dan jika ingin promosi, kami harus sampai babak semifinal dan memenangkan laganya. Soalnya musim ini rencannya hanya akan dipilih dua tim saja yang ke Liga 1 2021. Jadi siapa yang sukses ke final, itulah yang promosi,” tuturnya. (nik)

(rs/NIK/per/JPR)

 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia