alexametrics
Sabtu, 11 Jul 2020
radarsolo
Home > Olahraga
icon featured
Olahraga

Kedisplinan Itu Jadi Kunci

23 Juni 2020, 20: 03: 11 WIB | editor : Perdana

Kedisplinan Itu Jadi Kunci

SOLO – Sasana Wushu Purwa Aldaka Solo kembali mulai menjalani latihan rutinnya. Ini dilakukan setelah Kemenpora memberikan protokol kesehatan untuk berlatih olahraga. Sejak pekan lalu, program latihan bersama sasana ini kembali digelar. Bedanya, ternyata untuk langkah new normal, Purwa Aldaka hanya menjalankan latihan seminggu tiga kali, yakni Senin, Rabu dan Jumat. 

Program latihannya pun dibagi ke dalam dua kelompok. Di mana, sesi pagi dilakukan oleh lima atlet, dan lima atlet lainnya latihan di sore hari.

”Kami sengaja membaginya dalam dua kelompok, agar latihannya tidak numpuk. Saat latihan pun protokol kesehatan kami lakukan dengan ketat,” ungkap Santoso Harjanto, pelatih Sasana Purwa Aldaka kepada Jawa Pos Radar Solo kemarin.

Program latihan dilakukan di sasana mereka yang beralamat di Gg. Mangga III, Jajar, Kec. Laweyan. Selain sesi latihan tiga kali seminggu, di luar latihan bersama para atlet juga tetap diwajibkan menjalani latihan mandiri di rumah masing-masing. 

“Saat latihan protokol kesehatan kami berlakukan. Seperti cek suhu tubuh, cuci tangan dan penyemprotan disinfektan. Saat latihan, kami tak menggunakan masker. Karena tak mungkin berlatih menggunakan masker, karena saat latihan atlet butuh oksigen yang cukup untuk bernafas,” terangnya.

Salah satu atlet binaan sasana ini, yakni Alexandra Calista juga sudah mulai ikut latihan. Sebelumnya dia menjadi bagian dari timnas wushu Indonesia di ajang Asian Games 2018 di Jakarta. 

Purwa Aldaka sendiri sebelumnya harus melakukan libur latihan bersama sejak pertengahan Maret hingga awal Juni. Ini dilakukan, karena Solo berstatus kejadian luar biasa (KLB) korona. Dan setiap kegiatan olahraga yang mengundang massa, sesuai surat edaran dari wali kota Surakarta diminta untuk libur sementara selama pandemi Covid-19. 

“Kami berharap, semoga pandemi ini bisa segera berakhir. Sejak KLB kemarin, atlet memang berlatih di rumah dan kami minta untuk mengirimkan video latihannya. Dari sisi kondisi memang ada penurunan, tapi tidak drastis. Kalau yang senior  kondisinya tak terlalu jauh berubah seperti sebelum pandemi. Konsistenti untuk tetap berlatih memang penting dilakukan oleh seorang atlet,” tuturnya. (nik)

(rs/NIK/per/JPR)

 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia