alexametrics
Sabtu, 11 Jul 2020
radarsolo
Home > Solo
icon featured
Solo

Masih Ada Dikotomi Sekolah Favorit dan Nonfavorit

28 Juni 2020, 13: 10: 59 WIB | editor : Perdana

Masih Ada Dikotomi Sekolah Favorit dan Nonfavorit

SOLO – Beragam keluhan diterima pemkot terkait pelaksanaan penerimaan peserta didik baru (PPDB) 2020. Wali Kota Surakarta F.X. Hadi Rudyatmo menegaskan, seluruh anak usia sekolah di Kota Bengawan dijamin mendapatkan sekolah.

Itu disampaikan wali kota menanggapi beberapa orang tua yang berkeluh kesah dengan sistem PPDB. Mulai dari akun yang tidak dapat diakses, penggunaan surat keterangan domisili (SKD), hingga kuota siswa dalam zonasi.

“Intinya seperti ini, saya menjamin semua anak-anak ini mendapatkan sekolah negeri. Saya pastikan itu. Asal ora ngarani lho ya (tidak minta masuk sekolah tertentu). Kudu SMP kono, SMP kono (harus di sekolah yang itu). Penting kabeh (yang penting semua bisa) sekolah, itu dulu,” tegasnya, Sabtu (27/6).

Rudy menyebut sebagian orang tua murid masih berpikir dikotomi antara sekolah favorit dengan nonfavorit. Wali kota menegaskan, saat ini tidak ada sekolah favorit dan tidak favorit. Semua sekolah di Kota Solo memiliki kualitas sama.

“Kalau masih favorit-favoritan yang pasti masalah. Sekarang kualitasnya merata, gurunya juga merata, fasilitas apalagi. Semua sama,” tandas dia.

Setelah kesadaran masyarakat terbentuk, Pemkot akan fokus pada penyelesaian teknis PPDB. Seperti menjaga server agar stabil, hingga proses administrasi yang harus digarap hingga pengumuman akhir.

Terkait maslaah yang terjadi pada PPDB SMA, wali kota enggan menanggapi. “SMA tanya gubernur langsung. Aku mung (cuma) RT nang kene (di sini),” pungkasnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Komunikasi Informatika Statistik dan Persandian Kentis Ratnawati mengatakan, server PPDB dikerjakan oleh dinasnya menggandeng Universitas Sebelas Maret (UNS). Dia menjamin pelaksanaan PPDB berjalan lancar.

“Semua sistem sudah siap. Kami juga menyiagakan petugas 24 jam nonstop. Silakan siapkan kuota agar proses pendaftaran berjalan lancar,” pintanya. (irw/wa)

(rs/irw/per/JPR)

 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia