alexametrics
Senin, 10 Aug 2020
radarsolo
Home > Sepak Bola
icon featured
Sepak Bola

Setelah Liga 1 & Liga 2, Liga 3 juga Bakal Digelar Tahun Ini

02 Juli 2020, 14: 31: 59 WIB | editor : Perdana

Striker Persis Solo Tri Handoko (kiri) dikawal ketat penggawa Persebi Boyolali di sebuah laga uji coba, 2017 silam.

Striker Persis Solo Tri Handoko (kiri) dikawal ketat penggawa Persebi Boyolali di sebuah laga uji coba, 2017 silam. (ISWARA BAGUS/RADAR SOLO)

Share this      

SOLO – PSSI sudah memastikan kompetisi Liga 1 2020 akan kembali dilanjutkan pada Oktober mendatang. PSSI menargetkan kompetisi berlangsung selama lima bulan.

Lalu, untuk lanjutan Liga 2 masih dibahas. Namun, muncul kabar angin jika kasta kedua Liga Indonesia tersebut juga akan dimulai di bulan yang sama. Yakni babak penyisihan dimulai 16 Oktober hingga 2 November. Dilanjutkan perempat final, 14 November hingga 21 November. Semifinal pada 25 November dan partai puncak akan digelar 28 November mendatang.

”Ini dapat info dari beberapa klub, sepertinya memang digelar pertengahan Oktober. Kabarnya ada banyak pembahasan yang tengah digodok. Salah satunya adalah masalah nilai gaji pemain. Yang mana, jika awal pandemi klub dipersilakan memberikan maksimal 25 persen dari nilai kontrak, namun ke depan akan berubah menjadi 60 persen,” ujar Manajer Persis Solo Hari Purnomo kepada Jawa Pos Radar Solo, kemarin.

Tak hanya dua kasta ini, kompetisi Liga 3 rencananya juga akan ikut digulirkan musim ini. Senin (22/6) kemarin, PSSI menggelar rapat virtual dengan 34 anggota Asprov PSSI. Inti dari pembahasan ini adalah Liga 3 diharapkan bisa ikut digelar tahun ini.

“Saya sebagai Ketua Umum PSSI senang kalau Liga 3 dapat bergulir sebagaimana kami melanjutkan Liga 1 dan 2. Tentu menggulirkan Liga 3 harus mengikuti protokoler kesehatan yang ada. Kami mengapresiasi kerja keras Asprov untuk kemajuan sepak bola Indonesia. Mereka merupakan ujung tombak PSSI di daerah untuk membina sepak bola, terutama pembinaan usia muda,” kata Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan.

Sebagian besar Asprov pun setuju jika Liga 3 dapat bergulir tahun ini.  Asprov PSSI Jateng sependapat dengan para peserta Asprov lainnya, bahwa kompetisi Liga 3 memang harus tetap diselenggarakan

“Dilaksanakan dengan sistem home turnament menjadi salah satu alternatif atau format lain yang memungkinkan. Selain itu, program kerja pengembangan juga penting untuk tetap dilaksanakan seperti kursus pelatih, wasit, dan pengawas pertandingan. Di mana hal tersebut sangat dibutuhkan akan adanya rekomendasi dari PSSI,” papar Ketua Asprov PSSI Jawa Tengah Edy Sayudi.

Pada rapat tersebut, PSSI juga menyampaikan bagaimana teknis dan format promosi tim Liga 3 kepada para Asprov. Nantinya hasil rapat ini akan disampaikan kepada Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan untuk dibahas pada rapat Komite Eksekutif PSSI. (nik/ria)

(rs/NIK/per/JPR)

 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia