alexametrics
Senin, 10 Aug 2020
radarsolo
Home > Features
icon featured
Features

Pandemi, Lansia Disarankan Rutin Olahraga

05 Juli 2020, 07: 35: 59 WIB | editor : Perdana

Pandemi, Lansia Disarankan Rutin Olahraga

SOLO – Organisasi kesehatan dunia (WHO) mengingatkan bahwa lanjut usia (lansia) di atas 60 tahun atau yang memiliki penyakit penyerta rawan tertular Covid-19. Itu karena daya tahan tubuh mereka melemah. Namun tetap ada solusinya. 

Dokter spesialis penyakit dalam Rumah Sakit Indriati Grendi Faneri Yonarko menuturkan, guna meningkatkan daya tahan tubuh lansia, mereka dapat rutin berolahraga sesuai kemampuan tubuh masing masing.

Kemudian mengonsumsi makanan dengan gizi berimbang. Bila perlu ditambah vitamin C dan E. “Bila memiliki penyakit penyerta, usahakan tetap terkontrol baik.  Bila tidak dimungkinkan ke rumah sakit, bisa menggunakan fasilitas telemedisin (konsultasi dokter menggunakan fasilitas video call) yang sudah dikembangkan di beberapa rumah sakit,” jelasnya belum lama ini.

Upaya lainnya, tetap bersosialisasi dengan sahabat atau lingkungan. Caranya bisa lewat telepon. Jangan lupa menjaga jarak fisik, kebersihan tangan, dan lingkungan. 

“Anggota keluarga lain harus sering memastikan kondisi kesehatan lansia. Saat ada keluhan demam, batuk, atau keluhan lain diharapkan segera diantarkan ke fasilitas kesehatan terdekat,” terang Grendi.

Dia juga mengimbau masyarakat, khususnya lansia tetap menjaga kesehatan tubuh dan disiplin menerapkan protokol kesehatan. (ryn/wa)

(rs/it/per/JPR)

 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia