alexametrics
Senin, 10 Aug 2020
radarsolo
Home > Wonogiri
icon featured
Wonogiri

AD 1 PM Family Sahabat Setiawan Salurkan 360.000 Liter Air Bersih

05 Juli 2020, 20: 14: 54 WIB | editor : Perdana

Bantuan air bersih dari komunitas AD 1 PM Family Sahabat Setiawan disambut antusias warga yang langsung mengantre.

Bantuan air bersih dari komunitas AD 1 PM Family Sahabat Setiawan disambut antusias warga yang langsung mengantre. (ISTIMEWA)

Share this      

WONOGIRI – Di tengah pandemi Covid-19 saat ini, sebagian masyarakat juga harus merasakan krisis air dampak dari masuknya musim kemarau. Komunitas AD 1 PM Family Sahabat Setiawan yang selama ini cukup aktif menggelar kegiatan bakti sosial (baksos) pun langsung cepat tanggap.

Komunitas tersebut menyalurkan bantuan dropping air bersih sebanyak 360.000 liter dan puluhan paket sembako. Bantuan tersebut disalurkan ke sejumlah wilayah di tiga kecamatan di Kabupaten Wonogiri. 

Di antaranya di Dusun Galo, Nongkosuwit, Kerjo, Gondangmanis, Nujo, Bakalan, dan Tileng, Desa Gambirmanis, Kecamatan Pracimantoro sebanyak 40 tangki air bersih. Kemudian, di Kecamatan Paranggupito menyasar Dusun Blimbing, Desa Sambiharjo dan Dusun Lomujing, Sumberejo, Klepu, Bulu, Ngandongrejo, Desa Songbledeg sebanyak 10 tangki. Selain itu, di Kecamatan Giriwoyo meliputi Dusun Keji dan Kerok, Desa Girikikis sebanyak 10 tangki.

”Bantuan ini diharapkan bisa membantu warga yang tengah kesulitan air bersih. Serta sembako berupa beras dapat meringankan beban warga ekonomi lemah yang terdampak Covid-19,” kata Setiawan, ketua Komunitas AD 1 PM Family Setiawan di sela-sela penyerahan bantuan Dusun Kerjo RT 004 RW 009 Desa Gambirmanis, Kecamatan Pracimantoro, Kabupaten Wonogiri, Minggu (5/7).

Satijo, 55, tokoh masyarakat Desa Gambirmanis, Kecamatan Pracimantoro menceritakan, di Desa Gambirmanis ada 17 RT yang mengalami kekeringan dan krisis air bersih sejak Maret lalu. Banyak petani yang mengalami gagal panen kacang. Warga pun harus mondar mandir ke Kecamatan Pracimantoro dengan jarak kurang lebih 10-25 km untuk mendapatkan air bersih

”Kami mengucapkan terima kasih kepada Komunitas AD 1 PM Family Sahabat Setiawan yang telah memberikan bantuan air bersih dan sembako kepada warga. Semoga kegiatan semacam ini bisa terselenggara di lain waktu,” ujar dia. 

Kepala Desa Gambirmanis, Kecamatan Pracimantoro Pardi, 53, menyambut baik kegiatan baksos penyaluran air bersih dan sembako oleh AD 1 PM Family Sahabat Setiawan. Dia membenarkan jika dari 33 RT di Desa Gambirmanis, ada 17 RT yang kondisinya sangat parah pada musim kemarau ini.

Baksos oleh AD 1 PM Family Sahabat Setiawan ini dilakukan dengan menerapkan protokol kesehatan, dibantu tim medis dari UPTD Puskesmas Pracimantoro 2. Hadir pula anggota Polsek Pracimantoro yang turut mengamankan kegiatan baksos. Kegiatan baksos ini sudah kesekian kali yang digelar oleh komunitas tersebut. (wa/ria)

(rs/ria/per/JPR)

 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia