alexametrics
Sabtu, 15 Aug 2020
radarsolo
Home > Olahraga
icon featured
Olahraga

Hore, Mulai Besok Manahan Kembali Dibuka untuk Aktivitas Olahraga

11 Juli 2020, 19: 26: 54 WIB | editor : Perdana

Masyarakat berkumpul usai berolahraga di depan plaza Manahan, Minggu (5/7).

Masyarakat berkumpul usai berolahraga di depan plaza Manahan, Minggu (5/7). (DAMIANUS BRAM/RADAR SOLO)

Share this      

SOLO – Sudah hampir empat bulan lamanya kawasan di dalam pagar Stadion Manahan ditutup dari berbagai aktivitas olahraga.  Akhirnya akhir pekan ini kawasan dalam Stadion Manahan akan kembali dibuka.

“Mulai Minggu (12/7), secara resmi akan dibuka lagi. Namun kami juga akan terapkan aturan mulai wajib pakai masker, dilarang bergerombol nongkrong dan wajib jaga jarak,” kata Wali Kota Surakarta F.X. Hadi Rudyatmo.

Saat kembali dibuka juga disiagakan personel dari satpol PP. Petugas akan mengawasi masyarakat yang beraktivitas di dalam pagar Stadion Manahan. Selama ini, kawasan Stadion Manahan memang menjadi tempat favorit warga Solo untuk berolahraga, pagi  atau sore hari. Mulai dari jogging, sepak bola, latihan seni bela diri, bersepeda, balap motor hingga berlatih sepatu roda.

“Namun kalau masyarakatnya bandel dan tidak mematuhi aturan yang ada, akan kami tutup lagi dengan terpaksa,” tegas Rudy. 

Pihaknya juga akan memberi hukuman bagi para pelanggar aturan di kawasan Stadion Manahan. “Yang melanggar aturan kita hukum menyanyikan lagu Indonesian Raya,” ucap Rudy.

Sebagai informasi, kawasan dalam pagar Manahan memang sempat steril dari berbagai aktivitas. Tercatat sejak 14 Maret, Stadion Manahan dan Stadion Sriwedari ditutup untuk umum akibat pandemi Covid-19. Alasan kebijakan ini adalah untuk sterilisasi, mengantisipasi penyebaran Covid-19. Apalagi sejak itu, ditetapkan status kejadian luar biasa (KLB) di Solo.

Penutupan Stadion Manahan pada saat itu membuat laga perdana Persis Solo di Liga 2 2020 juga batal digelar. Laga lawan PSCS Cilacap harusnya digelar 15 Maret lalu, namun H-1 kebijakan muncul. Yakni stadion steril dan izin tidak diberikan. 

Sementara itu selama pandemi, masyarakat tetap banyak yang berkumpul di Manahan, tepatnya di luar pagar Stadion Manahan. Titik kumpul terbanyak ada di depan Plaza Manahan, tepatnya di sekitar patung Soekarno. Mereka sebagian besar berhenti di situ untuk beristirahat, setelah sebelumnya melakukan jogging hingga bersepeda. (nik/ria)

(rs/NIK/per/JPR)

 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia