alexametrics
Kamis, 13 Aug 2020
radarsolo
Home > Sukoharjo
icon featured
Sukoharjo

Dalam Sepekan, 3 Bayi Baru Lahir di Sukoharjo Terpapar Covid

24 Juli 2020, 17: 00: 26 WIB | editor : Perdana

Ilustrasi

Ilustrasi (IRECK OKTAVIANTO/RADAR SOLO)

Share this      

SUKOHARJO – Lagi, bayi baru lahir terpapar Covid-19 di Sukoharjo. Bayi mengalami demam dan sesak napas setelah dilahirkan.

Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Sukoharjo Yunia Wahdiyati mengatakan, pada Kamis (23/7), bertambah lagi daftar bayi yang dinyatakan terpapar Covid-19. Bayi tersebut tertular dari ibunya. Kuat dugaan ibunya sudah terpapar Covid-19 sejak hamil.

"Iya, tambah satu lagi bayi baru lahir. Dapat dari ibunya yang positif," kata Yunia, Jumat (24/7).

Disebutkan Yunia, setidaknya sudah ada tiga bayi baru lahir yang terpapar Covid-19 dalam sepekan terakhir. Saat ini, pihaknya mencoba menelusuri kembali kesehatan para ibu hamil, terutama yang memiliki riwayat kontak atau pelaku perjalanan.

"Saat ini, kondisi bayi dan ibunya dalam perawatan di rumah sakit," katanya.

Selama masa pandemi Covid-19, semua rumah sakit telah membatasi pengunjung anak-anak, apalagi yang tidak membutuhkan pelayanan. Pembatasan juga dilakukan di pusat-pusat perbelanjaan.

"Sebenarnya sudah ada larangan untuk tidak membawa anak-anak. Tetapi kadang-kadang kita masih melihat anak dibawa. Padahal, anak-anak termasuk usia rawan tertular," papar Yunia.

Selain itu juga untuk ibu hamil. Ditegaskan Yunia, sudah disampaikan kepada ibu hamil untuk tetap memeriksakan kandungannya. Ini guna mengetahui, apakah kehamilannya aman atau berisiko. Ketentuan layanan pemeriksaannya pun sudah disiapkan.

"Artinya bisa melalui media komunikasi dengan tenaga kesehatan atau apabila dibutuhkan, bisa bertemu langsung dengan mematuhi protokol kesehatan," pungkas Yunia. (kwl/ria)

(rs/kwl/per/JPR)

 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia