alexametrics
Selasa, 11 Aug 2020
radarsolo
Home > Features
icon featured
Features
Cerita Anthony Ilham, 16 Tahun Koleksi Keris

Koleksi Keris Dapat Dari Pemulung Hingga Pengusaha

26 Juli 2020, 14: 05: 59 WIB | editor : Perdana

Koleksi Keris Dapat Dari Pemulung Hingga Pengusaha

KISAH unik mewarnai Antony ketika mengoleksi keris. Tidak jarang, pengepul rosok ataupun pemulung mendapatkan keris.

”Saya kasih mahar juga. Pernah ada yang terus terang mendapatkan keris itu 30 ribu saja sudah sama kardus-kardus lain. Saya kasih mahar 300 ribu,” kata dia.

Anton mengatakan, tak jarang ada keris bagus yang dibawa oleh pengepul rosok atau pemulung. Menurut dia, eman-eman apabila keris itu hanya dijual sebagai barang kiloan.

Anton mengatakan, tips merawat keris sangatlah mudah. Cukup digosok dengan pelumas agar karat tidak muncul di bilah keris. Tidak ada ritual khusus atau sesajen yang disiapkan.

Keris-keris miliknya diminyaki setiap satu bulan sekali. Tidak perlu menunggu hari-hari tertentu. Namun, ketika Suro, keris dibersihkan total.

”Satu bulan sekali dibersihkan rangka dan bilah kerisnya. Tapi kadang kalau dapat keris baru yang banyak karatnya saya cucikan ke ahlinya. Dicuci sekalian diwarang, jadi pamor atau reliefnya kelihatan,” bebernya.

Dia mengatakan, keris diwarangi agar tidak muncul karat di bilah keris. Setelah diwarang, motif pamor yang indah bisa terlihat.

”Kalau sudah diwarang, keris bisa bertahan 5-10 tahun tanpa dicuci lagi. Cuma diminyaki saja,” jelas pria 35 tahun ini. (al/adi)

(rs/adi/per/JPR)

 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia