alexametrics
Minggu, 09 Aug 2020
radarsolo
Home > Olahraga
icon featured
Olahraga

Waduh, Pembangunan GOR Manahan Baru Rampung setelah Piala Dunia U-20

27 Juli 2020, 12: 16: 55 WIB | editor : Perdana

Kondisi proyek GOR Manahan yang belum selesai pengerjaannya. Terlihat bagian atap belum terpasang.

Kondisi proyek GOR Manahan yang belum selesai pengerjaannya. Terlihat bagian atap belum terpasang. (DAMIANUS BRAM/RADAR SOLO)

Share this      

SOLO - Menjelang Piala Dunia U-20 yang akan digelar Mei 2021, ternyata GOR Manahan yang masuk kawasan olahraga Manahan masih masuk catatan. Sebab hingga saat ini pengerjaannya belum selesai.

"Kalau dikira-kira belum akan jadi saat Piala Dunia nanti. Karena terkendala anggaran yang diperuntukkan penanganan Covid-19 sementara ini. Anggaran saat ini difokuskan untuk bidang kesehatan, pendidikan maupun instruktur yang terdampak pandemi di Kota Solo," ucap Kepala Bidang Sarana dan Prasarana Dinas Kepemudaan dan Olahraga (Dispora) Surakarta Neni Handayani kepada Jawa Pos Radar Solo. 

Walau GOR Manahan tak akan digunakan untuk event Piala Dunia andai jadi digelar di Stadion Manahan, tetap saja GOR yang masuk wajah kawasan Manahan itu diharapkan bisa selesai sebelum hari H Piala Dunia. Sehingga kawasan olahraga Manahan bisa tampil sempurna. Apalagi, Kota Solo sangat menaruh harapan Stadion Manahan benar-benar dipilih PSSI dan FIFA sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20.

Menurut Neni, progres GOR Manahan seluas 8.236 meter persegi itu baru berjalan 45 persen. Dengan adanya musibah pandemi Covid-19, renovasi GOR Manahan mau tidak mau harus dihentikan terlebih dahulu.

"Lanjutan pembangunan GOR indoor tahun 2020 dari tiga sumber dana. Yakni, APBD, bantuan gubernur Jawa Tengah, dan dana alokasi khusus (DAK). Namun semua tertunda karena terkendala penanganan Covid-19," tuturnya.

Setelah rampung dibangun, nantinya GOR Manahan bisa digunakan sebagai lokasi pertandingan enam cabang olahraga (cabor) tingkat nasional hingga dunia. Seperti futsal, bulu tangkis, voli, tenis, dan sepak takraw.

GOR Manahan akan memiliki fasilitas tempat duduk model single seat sebanyak 3.200 unit. Namun berdasarkan pantauan Jawa Pos Radar Solo, banyak fasilitas yang belum terealisasi. Di antaranya bagian atap dan beberapa ruangan. Sementara kerangka bangunan sudah berdiri dengan gagah.

"Harapannya proses itu segera jadi, sehingga bisa segera dipakai," paparnya.

Sebelumnya, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo secara terbuka menyanggupi bantuan pembiayaan untuk menuntaskan renovasi GOR Manahan. Hal itu dikatakannya usai meninjau lokasi proyek pada 27 September 2019. Saat itu pemprov mencairkan dana Rp 30 miliar untuk pembangunan GOR. Rencananya dana tambahan sekitar Rp 31 miliar akan diambil dari dana APBD Provinsi untuk menyelesaikan proyek tersebut. (ryn/nik/ria)

(rs/NIK/per/JPR)

 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia