alexametrics
Jumat, 14 Aug 2020
radarsolo
Home > Pendidikan
icon featured
Pendidikan

Isi KKN dengan Sosialisasi Pencegahan Covid-19

27 Juli 2020, 21: 47: 29 WIB | editor : Perdana

TERGUGAH: Mahasiswa UNS Nafisya Rizky Nur sosialisasi di Kelurahan Gilingan, Banjarsari, Jumat (24/7).

TERGUGAH: Mahasiswa UNS Nafisya Rizky Nur sosialisasi di Kelurahan Gilingan, Banjarsari, Jumat (24/7). (PRIYO/RADAR SOLO)

Share this      

SOLO – Mahasiswa Universitas Sebelas Maret Surakarta (UNS) Nafisya Rizky Nur mengisi kuliah kerja nyata (KKN) dengan sosialisasi Covid-19. Dikemas dalam leaflet, lalu dibagikan ke warga RW 14 Kelurahan Gilingan, Banjarsari, Solo, yang masih dalam lingkungan tempat tinggalnya, Jumat (24/7).

Selain leaflet, Nafisya juga membagikan KKN Covid Kit yang berisi masker kain, sabun antibakterial, hand sanitizer, dan vitamin. Perlengkapan ini diharapkan membantu warga dalam penerapan pola hidup bersih dan sehat (PHBS). 

"KKN Covid Kit ini hanya sebagai contoh ke warga. Bahwa perlengkapan yang dibutuhkan untuk melawan Covid-19 ini mudah didapat. Tersedia di mana saja dan murah,” bebernya. 

Mahasiswa semester 4 Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) UNS ini mengikuti program KKN Covid Recognisi Batch 3. Seharusnya, dia belum menjalani kewajiban KKN. Namun sebagai mahasiswa, dia terpanggil menyosialisasikan bahaya Covid-19 di masyarakat. Khususnya di lingkungan tempat tinggalnya.

“Aku ingin berkontribusi sebagai agent of change. Mengedukasi masyarakat tentang Covid-19. Bagaimana mencegah dan lain sebagainya. Intinya, memutus mata rantai penyebaran harus dimulai dari diri sendiri,” imbuhnya.

Nafisya juga memberi tips cara mencuci masker kain yang baik dan benar. Sebab, mayoritas belum tahu caranya. “Setelah bepergian, banyak virus dan bakteri yang menempel di masker. Kalau dipakai lagi, justru membahayakan diri sendiri,” ujarnya

Caranya, gunakan deterjen atau penghilang noda dengan air mengalir. Disarankan pakai air hangat. Rendam masker beberapa saat, lalu kucek hingga kotoran hilang. Bilas dengan air hingga busa menghilang. Terakhir, keringkan di bawah sinar matahari dan disetrika. “Sebelum pakai masker, jangan lupa cuci tangan dan pakai hand sanitizer,” katanya. (adv/aya/fer)

(rs/aya/per/JPR)

 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia