alexametrics
Sabtu, 15 Aug 2020
radarsolo
Home > Klaten
icon featured
Klaten
HARI JADI KABUPATEN KLATEN KE-216

Target Zero Covid-19 hingga Penghargaan Adipura

Juga Fokus Tekan Kemiskinan dan Pengangguran

28 Juli 2020, 20: 13: 33 WIB | editor : Perdana

KOORDINASI: Bupati Klaten Sri Mulyani cek persiapan upacara Hari Jadi Kabupaten Klaten Ke-216 di halaman pendapa pemkab, kemarin (27/7).

KOORDINASI: Bupati Klaten Sri Mulyani cek persiapan upacara Hari Jadi Kabupaten Klaten Ke-216 di halaman pendapa pemkab, kemarin (27/7). (ANGGA PURENDA/RADAR SOLO)

Share this      

KLATEN – Hari Jadi Kabupaten Klaten Ke-216 jatuh pada hari ini, Selasa (28/7). Dirayakan sederhana, ditandai upacara di halaman Pendapa Pemkab Klaten dan ziarah ke makam tokoh-tokoh pendiri Kota Bersinar. Karena masih pandemi Covid-19, seluruh acara tetap menerapkan protokol kesehatan ketat 

Menyongsong hari jadi, Bupati Klaten Sri Mulyani memiliki harapan dan target zero kasus Covid-19. Serta meraih pengahragaan Adipura. “Secara kumulatif terdapat 124 kasus positif Covid-19. Saya berharap Klaten bisa zero,” ucap Sri Mulyani, kemarin (27/7).

Pandemi Covid-19, lanjut bupati, membawa dampak signifikan terhadap perekonomian. Alhasil angka kemiskin dan pengangguran meningkat. Maka, dalam penyusunan APBD 2021 dengan DPRD Klaten, juga fokus penanganan kemiskinan dan pengangguran. 

“Mereka (keluarga miskin dan pengangguran) nanti akan jadi prioritas. Termasuk peningkatan usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) karena mengalami kelesuan tahun ini,” imbuhnya.

Sederet prestasi ditorehkan di masa kepimpinan Sri Mulyani, di antaranya Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) terhadap Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) Kabupaten Klaten 2019. Mendapat penilaian opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari Badan Pemeriksaan Keuangan (BPK). Ini merupakan capaian kedua kalinya berturut-turut.

Sri Mulyani juga meraih Penghargaan Manggala Karya Kencana 2020 di bidang Pembangunan Keluarga Kependudukan dan Keluarga Berencana (Bangga Kencana) dari Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN). “Saya berharap tahun ini Klaten meraih penghargaan Adipura setelah 25 tahun lepas. Jika berhasil, bisa jadi kado Jadi Kabupaten Klaten Ke-216,” jelasnya.

Ketua DPRD Klaten Hamenang Wajar Ismoyo berharap, momentum hari jadi ini bisa jadi pemersatu dalam menghadapi pandemi Covid-19. “Alhamdulillah di tengah pandemi, Klaten berhasil meraih sejumlah penghargaan. Sebenarnya pariwisata di Klaten sedang naik daun. Tapi gara-gara pandemi, slow down dulu,” urainya. (ren/fer)

(rs/ren/per/JPR)

 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia