alexametrics
Minggu, 16 Aug 2020
radarsolo
Home > Wonogiri
icon featured
Wonogiri

Aman Penyebaran Covid, Hari Ini Pasar Kota Wonogiri Dibuka Kembali

30 Juli 2020, 09: 57: 48 WIB | editor : Perdana

Petugas di akses masuk utama Pasar Wonogiri Kota, kemarin (29/7). Hari ini pusat perdagangan tradisional itu dibuka.

Petugas di akses masuk utama Pasar Wonogiri Kota, kemarin (29/7). Hari ini pusat perdagangan tradisional itu dibuka. (IWAN ADI LUHUNG/RADAR SOLO)

Share this      

WONOGIRI – Sempat ditutup selama empat hari sejak 26 Juli, Pasar Kota Wonogiri kembali dibuka hari ini, Kamis (30/7). Pemkab menilai pasar setempat relatif aman dari potensi penyebaran Covid-19.

"Kalau kami lihat hasilnya saat ini (evaluasi perkembangan Covid-19) pasar sudah lolos," terang Bupati Wonogiri Joko Sutopo, kemarin. 

Penutupan Pasar Kota Wonogiri dilakukan berdasarkan Surat Edaran Bupati Nomor 443.1 / 3524 tentang Penutupan Sementara Waktu Pasar Kota Wonogiri. Selama ditutup, tidak ada pedagang yang protes. Mereka dinilai sudah memiliki pemahaman yang sama.

“Ini kan kondisi khusus, semuanya harus punya keikhlasan dan kebersamaan. Langkah-langkah yang diambil pemerintah itu bukan untuk mempersulit warga dalam beraktivitas di bidang ekonomi, tidak seperti itu," beber bupati.

Menurut bupati yang akrab disapa Jekek itu, penutupan pasar dilakukan untuk menjamin masyarakat lebih aman dari potensi penularan Covid-19.

Terpisah, Ketua Paguyuban Pedagang Pasar Kota Wonogiri Utomo Honru Suryanto bersyukur pasar setempat dibuka kembali. "Kami ucapkan terima kasih dan Alhamdulillah pemkab sudah mengantisipasi penyebaran Covid-19,” jelasnya. 

Pedagang, lanjut Honru, mendukung langkah pemkab menanggulangi Covid-19. Mereka berharap, ketika pemkab mengambil kebijakan terkait operasional pasar, sosialisasi bisa dilakukan jauh-jauh hari.

"Jadi pedagang bisa lebih siap. Khususnya pedagang makanan, sayur, buah-buahan, dan lainnya. Kasihan kalau sudah telanjur menyiapkan dagangannya. Itu masukan kami," beber dia.

Selama pasar ditutup, pedagang berjualan di bagian di belakang pasar, tepatnya di sekitar Stasiun Wonogiri. Mayoritas adalah pedagang sayur dari Tawangmangu, Karanganyar.

“Mereka nge-drop (dagangan) untuk pedagang sayur keliling. Sudah tahu  pasar dibuka kembali dari edaran sebelumnya,” ujar Honru. (al/wa/ria)

(rs/ria/per/JPR)

 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia