alexametrics
Sabtu, 08 Aug 2020
radarsolo
Home > Olahraga
icon featured
Olahraga

Covid Bukan Halangan, Atlet Fokus Latihan Tembak Target Sepuluh Meter

02 Agustus 2020, 07: 35: 59 WIB | editor : Perdana

FOKUS: Izudin Afif saat berlatih dengan senapan panjangnya belum lama ini.

FOKUS: Izudin Afif saat berlatih dengan senapan panjangnya belum lama ini. (IZUDIN AFIF FOR RADAR SOLO)

Share this      

SOLO – Di tengah pandemi Covid-19 bukan suatu halangan bagi atlet untuk tidak menjalani latihan. Salah Satunya Izudin Afif, atlet menembak kebanggaan Kota Bengawan.

Meski pandemi, Afif selalu melakukan latihan rutin. Baginya, Covid-19 bukan suatu halangan bagi dirinya untuk hanya duduk duduk manis.

Dalam latihannya, Afif selalu menerapkan protokol kesehatan sebagai syarat dibolehkannya latihan. Seperti jaga jarak, memakai masker, cek suhu dan cuci tangan pakai sabun.

Hal yang memotivasinya untuk giat berlatih adalah dia ingin menjadi penembak nasional bahkan internasional yang kedepannya bisa membawa nama baik Indonesia harum.

"Kalau latihan jadwalnya Senin hingga Jumat. Sabtu dan Minggu saya libur. Saya ingin menjadi penempak terbaik, makanya tekun berlatih," ucapnya.

Ditanya soal kendala, Afif mengakui tidak ada kendala sekalipun. Dikarenakan tempat latihannya memiliki fasilitasi yang cukup baik. Dia sering berlatih di Kiky Shooting Club (KSC).

Selain sibuk berlatih, pemuda peraih medali emas Kapolri Cup Shooting Champions ini juga mempunyai kesibukan berjualan aksesoris senapan angin, dan juga peralatan pancing di daerah Kecamatan Grogol. 

"Selain latihan, saya juga diamanati jaga toko milik bapak. Kebetulan bapak saya juga seorang pelatih tembak di Solo, namanya Buyung Amran," tuturnya.

Sebagai penembak, ternyata Afif juga mengakui hobi berburu. Salah satunya berburu babi hutan.

Jika bicara prestasi, pria berusia 19 tahun yang baru lulus SMK tersebut mengoleksi beberapa medali dari berbagai event di Jakarta hingga Jawa Timur.

"Saya dapat dari kelas senapan angin hingga senapan api. Kalau senapan api dulu event di Bandung  dengan nomor perlombaan jarak 300 meter dan 100 meter. Waktu itu bersaing dengan anggota TNI dan Polri. Alhamdulillah saya juara satu di jarak 300 meter dan juara tiga di kelas jarak 100 meter," paparnya.

Dalam kejuaraan menembak, Izudin Afif dipercayakan dua kategori , yakni tembak target 10 meter dan kategori metal silhouette

Dirinya mengaku sedang tertuju fokus di dua kategori tersebut. Namun Afif lebih menitikberatkan fokus kepada kategori tembak target 10 meter dikarenakan dirinya masih pendatang baru.

"Saya masih pendatang baru, tapi alhamdulillah bisa masuk lima besar. Saya minta doanya agar bisa masuk pelatnas. Kalau untuk kategori menembak di metal silhouette, alhamdulillah sudah matang karena sejak kecil saya sudah berlatih di metal silhouette," tutupnya. (ryn/nik)

(rs/NIK/per/JPR)

 TOP
Artikel Lainya
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia