alexametrics
Selasa, 11 Aug 2020
radarsolo
Home > Solo
icon featured
Solo

Momen Idul Adha, Abdi Dalem Keraton Dobel Bahagia 

02 Agustus 2020, 09: 40: 59 WIB | editor : Perdana

SELALU HORMAT: Abdi Dalem Keraton Kasunanan Surakarta menerima daging kurban dan gaji, kemarin (1/8).

SELALU HORMAT: Abdi Dalem Keraton Kasunanan Surakarta menerima daging kurban dan gaji, kemarin (1/8). (SILVESTER KURNIAWAN/RADAR SOLO)

Share this      

SOLO – Sudah sekitar lima bulan abdi dalem Keraton Kasunanan Surakarta tidak bersilaturahmi dengan para sentana keraton setempat. Nah, pembagian daging hewan kurban sekaligus pemberian gaji dimanfaatkan untuk itu. 

Pembagian daging kurban dilakukan di Pagelaran Keraton Kasunanan Surakarta sekitar pukul 12.00-13.00. “Selama ini kami tidak bisa saling bertemu secara bersama-sama karena Covid-19. Kebetulan dalam rangkaian Idul Adha ini kami dipertemukan untuk silaturahmi," ujar Wahyudi, salah seorang abdi dalem.

Wahyudi dan ratusan abdi dalem lainnya merasakan kebahagian dobel kemarin (1/8). Selain menerima daging kurban, mereka juga mendapatkan gaji.

“Saya harap Keraton Kasunanan tetap menjadi tonggak dalam melestarikan kebudayaan Jawa," harap warga Wonogiri itu.

Ketua Lembaga Dewan Adat Keraton Kasunanan Surakarta GKR Wandansari mengamini pembagian daging kurban sekaligus untuk menyambung silaturahmi antara sentana dengan abdi dalem.

Total abdi dalem sekitar 500 orang. Ditambah abdi dalem di luar lingkungan keraton yang menjaga dan melestarikan situs-situs peninggalan bersejarah.

 "Abdi dalem juga langsung tanda tangan untuk pencairan gaji. Sekitar setengah tahun terakhir (pembayaran gaji) dilakukan secara nontunai melalui bank," terang adik Raja Keraton Solo Paku Buwono XIII Hangabehi yang akrab disapa Gusti Moeng itu. (ves/wa)

(rs/ves/per/JPR)

 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia