alexametrics
Selasa, 11 Aug 2020
radarsolo
Home > Solo
icon featured
Solo

Kawasan Pusat Perbelanjaan Padat, Siagakan Tim Urai Cegah Macet

02 Agustus 2020, 08: 45: 59 WIB | editor : Perdana

PUSAT SANDANG: Kawasan perdagangan di BTC menjadi salah satu jujukan isi libur panjang.

PUSAT SANDANG: Kawasan perdagangan di BTC menjadi salah satu jujukan isi libur panjang. (DAMIANUS BRAM/RADAR SOLO)

Share this      

SOLO – Mobilitas kendaraan di Kota Bengawan meningkat 15 persen pada long week end kali ini. Guna mencegah kemacetan, Satlantas Polresta Surakarta menyebar anggotanya di sejumlah titik strategis. 

Kasatlantas Polresta Surakarta, Kompol Afrian Satya Permadi mengatakan, peningkatan mobilitas kendaraan sudah terjadi sejak Kamis malam (30/7). Seperti terlihat di simpang tiga Farokah, Tugu Makutho, kawasan Klodran. serta kawasan Palang Joglo. 

"Dari pantauan kami, rata-rata pelat luar kota. Ada yang tujuannya memang Kota Solo, tapi banyak yang hanya melintas. Mayoritas menuju Karanganyar karena mereka langsung keluar lewat pintu Jurug. Kami langsung berkoordinasi dengan Satlantas Karanganyar melakukan pengamanan secara estafet," urainya, kemarin (1/8).

Peningkatan frekuensi kendaraan diprediksi karena banyak yang bersilaturahmi ke rumah kerabat. Mengingat, saat Idul Fitri lalu masih dilakukan pembatasan aktivitas. Libur panjang juga dimanfaatkan untuk mendatangi pusat perbelanjaan. Seperti Beteng Trade Center (BTC), Pusat Grosir Solo (PGS), Pasar Klewer, dan lainnya. Kendaraan yang melintas di lokasi tersebut cukup padat. 

Satlantas menyiapkan tim urai sebagai back-up anggota di lapangan. Ketika terpantau kemacetan lewat ruang TMC Polresta Surakarta dan kebetulan tidak ada anggota yang dekat, tim urai segera meluncur lokasi. 

"Selain melakukan pengaturan lalu lintas, anggota juga mengingatkan masyarakat agar tidak berkerumun dan tetap mematuhi protokol kesehatan. Penjagaan tetap dilakukan hingga Besok (hari ini) untuk arus balik," terangnya.

Terpisah, Kabid Lalu Lintas Dinas Perhubungan (Dishub) Surakarta Ari Wibowo menuturkan, dua unit tim patroli mobil serta motor telah dikerahkan untuk mem-back-up anggota satlantas.

"Meski padat, sejauh ini lalu lintas masih lancar. Belum sampai mengunci. Kami terus berkoordinasi dengan satlantas apabila sampai ada ruas jalan yang macet total. Kami juga ingatkan pengendara tetap menerapkan protokol kesehatan," pungkasnya. (atn/wa)

(rs/atn/per/JPR)

 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia