alexametrics
Kamis, 01 Oct 2020
radarsolo
Home > Ekonomi & Bisnis
icon featured
Ekonomi & Bisnis

HUT ke-75 RI, Alfamart Gowes Sabang-Merauke Kampanyekan Solidaritas

08 Agustus 2020, 17: 59: 12 WIB | editor : Perdana

Peserta Alfamart Gowes Sabang sampai Merauke berhenti sejenak di Umbul Ponggok, Sabtu (8/8).

Peserta Alfamart Gowes Sabang sampai Merauke berhenti sejenak di Umbul Ponggok, Sabtu (8/8). (RYAN AGUSTIONO/RADAR SOLO)

Share this      

SOLO - Merayakan hari ulang tahun (HUT) ke-75 Repubik Indonesia (RI), Alfamart menggelar gowes dari Sabang sampai Merauke mulai 8 Agustus hingga puncaknya pada 16 Agustus 2020. Aksi gowes bertema Solidaritas untuk Indonesia ini tidak sekadar kegiatan olahraga. Namun juga kampanye kemanusiaan dengan memberikan bantuan kepada warga di rute gowes mulai dari Sabang sampai Merauke.

Ada 20-an peserta gowes dari tiap provinsi yang akan menempuh rute sepanjang 17 kilometer. Angka 17 ini disesuaikan dengan perayaan HUT RI yang jatuh setiap 17 Agustus. Pelaksanaan tetap mematuhi protokol kesehatan, yakni memakai masker dan menjaga jarak antar rekan saat bersepeda.

Titik start gowes dimulai dari Kantor Cabang Alfamart Klaten. Berlanjut ke Pasar Delanggu membagikan face shield dan empat paket sembako kepada para pedagang. Peserta gowes melanjutkan perjalanan ke Alfamart Keprabon untuk memberikan paket ke konsumen. Lalu sarapan pagi sejenak dan berlanjut ke Umbul Ponggok, memberikan dua paket sembako kepada tukang parkir sekaligus foto bersama

Peserta Alfamart Gowes Sabang sampai Merauke membagikan paket sembako kepada warga.

Peserta Alfamart Gowes Sabang sampai Merauke membagikan paket sembako kepada warga. (RYAN AGUSTIONO/RADAR SOLO)

Di tengah perjalanan, peserta sempat berhenti di pangkalan ojek Kuncen untuk membagikan paket sembako ke tukang ojek. Peserta lalu kembali di Kantor Cabang Alfamart Klaten.

Branch Manager Alfamart Basuki Rakhmat mengatakan, rute gowes Alfamart Sabang sampai Merauke kali ini sengaja melewati ikon-ikon historis di setiap provinsi. Untuk Kabupaten Klaten misalnya, puluhan peserta gowes mengitari wilayah Delanggu, lalu meneruskan perjalanan sepanjang 17 kilometer. 

Di ujung rute gowes, peserta akan melakukan kampanye solidaritas untuk sesama warga. Yakni dengan memberikan paket bantuan kemanusiaan yang digalang dari donasi para konsumen.

“Sambil berolahraga agar kondisi tetap prima, kita juga tetap melakukan aksi sosial bagi warga sekitar. Harapannya aksi solidaritas ini bisa terus terjaga, khususnya dalam kondisi pandemi global saat ini,” terang Basuki

Corporate Communication General Manager Alfamart Nur Rachman mengatakan, Alfamart Gowes Sabang sampai Merauke ini merupakan kampanye solidaritas bagi Indonesia. Serta menegaskan kontribusi Alfamart melayani Indonesia yang selama ini konsisten dijalankan.

“Ini merupakan ekspedisi solidaritas. Kepedulian terhadap sesama dan menggambarkan kecintaan kita terhadap Tanah Air, yang kita bingkai dalam kegiatan bersepeda dari Sabang sampai Merauke. Harapannya rasa solidaritas kita tetap terjaga, khususnya bagi sesama kita yang membutuhkan,” papar Nur.

Diaa berharap upaya merajut nusantara melalui kegiatan gowes ini bisa merangkum cerita dan berbagi kepedulian bagi sesama dari setiap wilayah yang berbeda. 

Sementara itu, warga yang menerima bantuan sembako dan bingkisan dari Alfamart merasa terkurangi bebannya. Mereka berterima kasih kepada Alfamart yang telah membantu.

"Senang sekali, istri dan anak juga pasti bahagia dapat bingkisan dan sembako dari Alfamart. Harapannya bisa terus begini, membantu rakyat bawah karena banyak yang terdampak Covid-19," ucap Zulfikar, 29, yang sehari-harinya bekerja sebagai tukang parkir di warung makan Delanggu. (ryn/ria)

(rs/ria/per/JPR)

 TOP