alexametrics
Kamis, 24 Sep 2020
radarsolo
Home > Olahraga
icon featured
Olahraga

FKOR UNS Gelar Virtual Running

12 Agustus 2020, 20: 51: 40 WIB | editor : Perdana

BERSIAP: Rektor UNS, Prof. Jamal Wiwoho (kiri) dan Dekan FKOR UNS, Dr. Sapta Kunta siap meriahkan FKOR Virtual Running 2020, 16 Agustus mendatang.

BERSIAP: Rektor UNS, Prof. Jamal Wiwoho (kiri) dan Dekan FKOR UNS, Dr. Sapta Kunta siap meriahkan FKOR Virtual Running 2020, 16 Agustus mendatang. (UNS FOR RADAR SOLO)

Share this      

SOLO – Fakultas Keolahragaan (FKOR) Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta akan menggelar lari virtual untuk memeriahkan acara Dies Natalis kedua, sekaligus merayakan Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan ke-75 Republik Indonesia (RI), Minggu (16/8).

Dekan FKOR UNS, Dr. Sapta Kunta menjelaskan, lomba lari bertajuk FKOR UNS Virtual running 2020 ini dipilih karena dinilai banyak hal. Mulai dari murah, mudah, bisa dilakukan orang semua usia. Konsep virtual running juga cukup sesuai dengan protokol kesehatan pencegahan Covid-19. Pendaftaran peserta juga gratis.

Tidak hanya itu, Dr. Sapta Kunta menambahkan virtual running ini digelar sebagai salah satu upaya untuk mendukung program pemerintah mewujudkan Indonesia sehat, mempersatukan seluruh elemen bangsa, dan untuk membudayakan semangat olahraga di tengah masyarakat.

Peserta yang akan mengikuti virtual running dapat mendaftarkan diri secara daring melalui Google Form yang telah dibagikan FKOR UNS. Saat mendaftarkan diri, Dr. Sapta Kunta mengatakan peserta wajib mengisi data diri secara lengkap, mulai dari keterangan usia, tinggi badan, berat badan, denyut nadi, dan scan kartu pelajar/mahasiswa/KTP.

“Ada Google Form yang harus diisi, setelah diisi akan mendapatkan aplikasi JomRun. Nanti mereka tinggal lari sambil menghidupkan JomRun dan ada hasil dari data dirinya berlari apakah sudah mencapai 2,4 Km dan waktunya berapa,” ujar Dr.Sapta Kunta.

Saat mengikuti virtual running ini, FKOR UNS akan mendata dan memantau jarak peserta melalui aplikasi JomRun. Meski demikian, Dr. Sapta Kunta berharap peserta tetap menjunjung tinggi nilai sportivitas. Ia berharap tidak ada peserta yang mengelabuhi panitia dengan berlari di jalanan menurun agar catatan waktunya menjadi lebih cepat.

Dr. Sapta Kunta menambahkan, sasaran peserta yang ditarget FKOR UNS beragam. FKOR membuka diri terhadap peserta dari seluruh kalangan, mulai dari pimpinan universitas, Dekanat FKOR UNS, mahasiswa, pelajar, dan masyarakat umum.

Ia mengutarakan jika Virtual Running dalam rangka Dies Natalis kedua FKOR UNS juga mendapat tanggapan positif dari Rektor UNS, Prof. Jamal Wiwoho.

“Pak rektor dan bu rektor mendukung dan ingin ikut sebagai peserta dalam Virtual Running. Pimpinan FKOR, semua pimpinan fakultas, dan kaprodi, semua dosen, dan karyawan akan ikut dalam FKOR UNS Virtual Running yang pertama,” lanjut Dr. Sapta Kunta.

Dr. Sapta Kunta menerangkan pihaknya juga akan memantau kondisi kebugaran fisik mahasiswa FKOR UNS. Hal itu dimaksudkan agar FKOR UNS dapat mengetahui seberapa intens mahasiswa melakukan aktivitas fisik selama kuliah daring.

“Merupakan ukuran salah satu kebugaran jasmani dan juga mendata, sekarang ini ketika perkuliahan praktek tidak bisa dipantau secara individual, kami bisa mengetahui apakah mahasiswa kami di rumah sudah latihan atau belum,” imbuhnya.

Sebagai bentuk apresiasi, FKOR UNS telah menyiapkan hadiah menarik bagi peserta virtual running. Untuk juara pertama, FKOR UNS memberikan hadiah sebesar Rp. 3 juta, juara 2 sebesar Rp. 2 juta, juara 3 sebesar Rp. 1 juta, dan finalis 10 besar akan mendapatkan voucher pulsa sebesar Rp. 100.000.  (nik)

(rs/NIK/per/JPR)

 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia