alexametrics
Kamis, 24 Sep 2020
radarsolo
Home > Travelling
icon featured
Travelling

Berburu Foto di Embung Manajar

23 Agustus 2020, 09: 50: 59 WIB | editor : Perdana

Berburu Foto di Embung Manajar

Selo, Boyolali punya keindahan – keindahan alam yang menunggu untuk dinikmati. Semuanya menawarkan eksotisme pemandangan plus asyiknya petualangan. Salah satunya di Embung Manajar.

EMBUNG Manajar berada di Desa Samiran, Kecamatan Selo. Untuk menuju ke sana membutuhkan waktu perjalanan sekitar 1 jam lebih 20 menit dari Kota Solo. Melewati jalan Solo-Semarang. Tiba di Boyolali Kota berbelok ke jalan arah Magelang. Lalu berhenti di Dusun IV, Desa Samiran. Lokasi ini pemberhentian kendaraan roda empat sekaligus memesan tiket masuk.

Perjalanan yang sesungguhnya baru akan ditempuh dengan jalan kaki sejauh 1 kilometer (Km). Atau bisa memilih menyewa jasa ojek pangkalan. Jika menggunakan roda dua, pastikan kondisinya prima. Karena, dengan jalur yang menanjak, bisa saja tidak sampai di lokasi tujuan embung. Tapi ada tempat pemberhentian kok, sekitar 500 meter dari lokasi parkir. Di sana juga terdapat warung untuk mencari bekal jalan. 

Meski ada jasa ojek, kami memberanikan diri untuk tetap naik motor. Tapi ternyata tidak kuat karena memang jalannya sangat menanjak. Kami hanya sampai posko 4. Perjalanan dilanjutkan dengan jalan kaki. Embung Manajar masih 500 meter lagi. Tak disangka sudah banyak pengunjung yang tiba di lokasi embung.

Perjalanan yang lumayan melelahkan, ditambah terik matahari menyengat. Tapi perjuangan kami tidak sia-sia. Panorama alam yang tersaji dari atas embung begitu mempesona. Keindahan Gunung Merapi begitu terlihat jelas seolah di depan mata. Apalagi Merapi juga diselimuti awan putih yang menambah keindahan alamnya.

Ada satu angle foto yang menarik. Menyandingkan Embung Manajar dengan latarbelakang Gunung Merapi serasa berada di lokasi yang belum pernah kami singgahi sebelumnya. Meski Selo sudah sering kami kunjungi, tapi dengan embung ini bisa menghasilkan karya foto yang berbeda. Apalagi jika air embung bisa memantulkan bayangan Merapi seolah seperti cermin. 

Di sekitar embung juga disediakan beberapa spot foto menarik. Seperti kuda yang bisa disewa untuk sekadar dinaiki, lalu difoto. Atau menyewa motor trail. Untuk bisa berfoto dengan kuda cukup merogoh kocek Rp 15 ribu, sementara untuk motor trail Rp 10 ribu.

Suasana asri, sejuk dan menenangkan membuat kami tak beranjak untuk berburu foto. Meskipun ramai pengunjung.  Lelah berkeliling, tak salah mencoba salah satu kedai setempat. Disediakan tempat duduk yang langsung menghadap ke Merapi. Apalagi santai sambil ngeteh dan makan kudapan.

Catatan perjalanan kami adalah Embung Manajar tidak kalah menarik dengan destinasi wisata di Selo lainnya. Cukup murah untuk mendapatkan pemandangan seindah itu. Tidak lebih dari Rp 30 ribu sudah bisa sampai di atas embung tanpa harus capek jalan. Karena bisa dengan naik ojek yang ada. Tetapi kalau mau merasakan sensasi berjuang dari bawah menuju atas puncak, ya jalan kaki. Rasanya seperti orang ”muncak” gunung karena memang jalanannya menanjak. Tapi sampai di atas, rasa lelah terobati dengan pemandangan yang didapat. (mg5/adi)

(rs/adi/per/JPR)

 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia