alexametrics
Kamis, 24 Sep 2020
radarsolo
Home > Ekonomi & Bisnis
icon featured
Ekonomi & Bisnis

CSR PT. PLN UP3 Surakarta untuk Penataan Kawasan Kumuh Semanggi

15 September 2020, 12: 11: 03 WIB | editor : Perdana

CSR PT. PLN UP3 Surakarta untuk Penataan Kawasan Kumuh Semanggi

PT. PLN (Persero) UP3 Surakarta menyerahkan bantuan Corporate Social Responsibilty (CSR) atau tanggung jawab sosial perusahaan kepada Pemerintah Kota (Pemkot) Surakarta berupa dana senilai 50 juta untuk pembangunan rumah prototype di kawasan pemukiman kumuh RW 001 Kelurahan Mojo Semanggi, kecamatan Pasar Kliwon Surakarta.

Peletakan batu pertama pembangunan rumah prototype tersebut dilaksanakan  pada hari Jumat (11/9) pagi bersamaan acara mider projo Walikota Solo FX. Hadi Rudyatmo beserta jajaran Pemkot Surakarta diikuti anggota DPRD, Muspida, Kepala OJK, serta jajaran pejabat di Dinas Perumahan Kawasan Pemukiman dan Pertanahan (Disperum KPP) Kota Surakarta.

Kepala Dinas Perumahan Kawasan Pemukiman dan Pertanahan (Disperum KPP) Kota Surakarta, Taufan Basuki Supardi mengatakan bahwa rumah prototype tersebut menjadi hunian pertama dari 56 unit lain yang akan dibangun di lingkungan tersebut. Untuk penyelesaian 56 unit tersebut rencananya akan menggalang kolaborasi dana CSR dari beberapa stakeholder yang memerlukan total dana senilia Rp 3,22 miliar dengan harga per unit sebesar Rp 57,5 juta.

“ Bantuan CSR dari PT. PLN akan digunakan untuk membangun satu unit rumah protopype yang dibangun di petak 7, sebagai awal pitulungan atau pertolongan dengan harapan akan menarik stakeholder lain sehingga proyek dapat berjalan sampai selesai. Sementara sambil menunggu selesainya pembangunan kawasan tersebut, saat ini ke -56 keluarga tersebut gratis menghuni rumah instan sederhana sewa (RISHA) selama satu tahun,” kata Taufan disela-sela peninjauan lapangan penataan kawasan pemukiman kumuh RW 001 Kelurahan Mojo.

Taufan juga mengatakan penataan kawasan pemukiman kunuh RW 001 Kelurahab Mojo merupakan salah satu upaya mewujudkan program 100-0-100, yaitu 100% akses universal air minum, 0% lingkungan kumuh dan 100% akses sanitasi layak dengan rencana anggaran kolaborasi kota, provinsi dan pusat.

Walikota Surakarta, FX. Hadi Rudyatmo menyerahkan bantuan senilai 50 jt secara langsung kepada Ibu Pariyem warga pertama dari RW 01 kel Mojo yang rumahnya akan dibangun dengan dana CSR PLN.

Rudi juga berharap agar bantuan  ini dapat ke instansi/stakeholder lain,  sehingga rencana penataan kumuh lebih cepat selesai. Selain itu Rudi berharap agar warga masyarakat penerima bantuan menjaga kepemilikan rumah untuk keturunannya agar mempunyai lingkungan lebih baik serta tetap menjaga lingkungan agar tetap sehat dan terawat.

(rs/aya/per/JPR)

 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia