alexametrics
Kamis, 24 Sep 2020
radarsolo
Home > Solo
icon featured
Solo

Taman Balekambang Ditutup 3 Bulan, Ketoprak & Sendratari Masih Main

16 September 2020, 06: 59: 26 WIB | editor : Perdana

Taman Balekambang ditutup saat awal pandemi, Maret lalu. Mulai pertengahan bulan ini, kawasan wisata itu kembali ditutup hingga Desember karena dilakukan penataan ulang.

Taman Balekambang ditutup saat awal pandemi, Maret lalu. Mulai pertengahan bulan ini, kawasan wisata itu kembali ditutup hingga Desember karena dilakukan penataan ulang. (DAMIANUS BRAM/RADAR SOLO)

Share this      

SOLO – Pemkot Surakarta akan menutup akses Taman Balekambang bagi masyarakat umum selama tiga bulan ke depan. Destinasi wisata andalan Kota Solo ini akan ditata ulang.

Kepala Seksi Pengembangan Daya Tarik Wisata Dinas Pariwisata (Disparta) Kota Surakarta Weni Andrianto mengatakan, pihaknya memperoleh anggaran dana alokasi khusus (DAK) 2020 sebesar Rp 1,8 miliar untuk perawatan jalan dalam kawasan dan landscape. Untuk menunjang aktivitas tersebut, kunjungan umum ditiadakan. Hanya kunjungan khusus yang diperbolehkan.

“Sesuai arahan kepala dinas, per Senin (14/9) ditutup agar pembangunannya maksimal. Sampai selesai pekerjaan sekitar 5 Desember. Beberapa aspek dijalankan, ketoprak masih main. Pengunjung khusus nonton saja, kemudian pulang,” kata Weni, kemarin.

Selain ketoprak, pentas sendratari Ramayana juga masih dimainkan. Pengunjung hanya boleh masuk di area sendratari, kemudian pulang. Dari sisi anggaran, pemkot sebenarnya telah mengusulkan DAK sebesar Rp 5,1 miliar. Angka tersebut sudah disetujui untuk dicairkan tahun ini. Namun, anggaran harus dipotong akibat pandemi Covid-19.

“Itu sudah approve, tapi kemudian dibatalkan karena Covid-19. Lalu muncul lagi surat dari presiden, perpres bahwa bisa dilaksanakan lewat mekanisme DAK cadangan. Hanya dibatasi dari apa yang sudah di-approve, usulan parkir, landscape, jalan dalam kawasan. Namun, untuk parkiran tidak dilaksanakan,” terangnya.

Pengaspalan jalan dilakukan untuk mengganti paving yang sudah rusak. Penataan landscape dilakukan untuk menangani genangan pemasangan pipa HDPE supaya tidak ada area tergenang.

Kepala UPT Balekambang Sumeh menambahkan, batas penutupan sementara sampai Desember tahun ini. Namun dalam pemberitahuan disampaikan jika penutupan dilakukan hingga informasi berikutnya. "Batasnya belum ditentukan. Kalau pekerjaannya sampai 5 Desember. Tapi itu mungkin, makanya kami tulis sampai batas waktu yang tidak ditentukan," katanya. (irw/bun/ria)

(rs/irw/per/JPR)

 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia