alexametrics
Senin, 21 Sep 2020
radarsolo
Home > Solo
icon featured
Solo

Keluarga Pasien Meninggal Covid Terima Rp 15 Juta, Dinsos Jemput Bola

17 September 2020, 05: 46: 56 WIB | editor : Perdana

Ilustrasi pemberian santunan Covid-19.

Ilustrasi pemberian santunan Covid-19. (IRECK OKTAVIANTO/RADAR SOLO)

Share this      

SOLO – Ahli waris korban meninggal akibat Covid-19 diusulkan mendapat santunan dari Kementerian Sosial (Kemensos). Satu keluarga akan menerima Rp 15 juta.

Kepala Dinas Sosial Kota Surakarta Tamso mengatakan, hingga kemarin sudah ada tiga ahli waris yang melengkapi berkas persyaratan. Pihaknya tengah menghubungi ahli waris lain agar segera mengumpulkan syarat ke kantor dinas sosial. Salah satu syarat utama yang harus dipenuhi adalah surat keterangan meninggal akibat Covid-19 dari rumah sakit. Syarat lain adalah dokumen kependudukan, seperti KTP, KK, dan akta kematian.

“Data itu dikumpulkan kemudian kami usulkan ke provinsi. Dari provinsi akan disetorkan ke Kemensos. Ini adalah inisiatif kami untuk jemput bola. Karena kalau ahli waris mengurus sendiri malah lama. Nanti haknya setiap ahli waris Rp 15 juta,” terang Tamso.

Dia menyebut, bantuan itu murni program Kemensos. Pemkot hanya sebagai pihak yang membantu ahli waris untuk mengumpulkan berkas ke provinsi. Dalam Surat Edaran (SE) Nomor 427/3.2/BS.01.02/06/2020 tentang Penanganan Perlindungan Sosial bagi Korban Meninggal Dunia Akibat Virus Corona (Covid 19) yang dikeluarkan Direktur Perlindungan Sosial Korban Bencana Sosial Kemensos disebutkan, indeks santunan diberikan sebesar Rp 15 juta per jiwa. 

“Ini adalah bentuk kepedulian pemerintah terhadap ahli waris korban Covid-19 yang meninggal,” tandasnya.

Wali Kota Surakarta F.X. Hadi Rudyatmo meminta masyarakat yang merasa sebagai ahli waris korban Covid-19 segera membawa berkas dan dikumpulkan ke kantor dinas sosial. (irw/bun/ria)

(rs/irw/per/JPR)

 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia