alexametrics
Sabtu, 24 Oct 2020
radarsolo
Home > Travelling
icon featured
Travelling

Pesona Pantai Waru dan Karangpayung

20 September 2020, 07: 35: 59 WIB | editor : Perdana

Pesona Pantai Waru dan Karangpayung

Wonogiri punya banyak pantai yang tak kalah cantik. Seperti Pantai Waru dan Karangpayung. Masing-masing karakteristik berbeda. Dari pasir putih sampai yang berkarang.

PANTAI Nampu mungkin sudah lebih dulu dikenal. Tapi masih banyak lagi pantai indah di pesisir selatan Wonogiri. Dan jarang diketahui wisatawan. Di antaranya Waru dan Karangpayung.

Dua pantai ini berdekatan. Lokasinya di Dusun Dringo, Desa Gunturharjo, Kecamatan Paranggupito. Kesan pertama yang dirasakan adalah kagum dengan keasrian pantainya. Masih bersih dari sampah.

Bibir Pantai Waru terdapat karang-karang. Wisatawan bisa bermain air tanpa takut terbawa ombak. Pantai ini relative aman untuk anak-anak. Tak ayal banyak anak kecil mencari ikan yang kami temui. Airnya  juga jernih. Dengan keasriannya banyak ikan-ikan kecil di sela-sela karang yang ditumbuhi lumut.

Dari Pantai Waru sekitar 300 meter bergeser ke Pantai Karangpayung. Melewati jalan setapak yang sekelilingnya terdapat ladang luas. Warga sekitar mengatakan saat musim hujan, ladang ini berubah sawah. Setelah lima menit perjalanan, kita akan disuguhi pemandangan Pantai Karangpayung dari atas tebing yang memukau. 

Saat turun ke bawah, kita akan disambut oleh lembutnya butiran-butiran pasir putih dengan tebing yang menjulang indah. Pantai yang masih bersih dan sejuk ini membuat siapa saja betah berlama-lama menikmati indahnya laut. Kita juga bisa bermain air di pinggir pantai. Ada juga kerang-kerang cantik yang menyatu dengan pasir.

Untuk sampai ke sana memang cukup jauh. Jika ditempuh dari Solo, butuh perjalanan 2 jam 30 menit. Sementara kita hanya perlu merogoh kocek Rp 5 ribu untuk parkir per motor. Harga yang cukup murah untuk menikmati pemandangan dari dua pantai tersebut.

Meskipun dua pantai ini memiliki karakteristik berbeda, namun tidak bisa dipungkiri daya tarik untuk mengujungi cukup besar. Dua pantai ini juga bisa menjadi spot foto untuk pra wedding. Sebagai catatan, pantai di Wonogiri masih ditutup selama pandemi ini. So, tunggu sampai pandemi berakhir ya. (mg4/adi)

(rs/adi/per/JPR)

 TOP