alexametrics
Sabtu, 24 Oct 2020
radarsolo
Home > Wonogiri
icon featured
Wonogiri

Akun Facebook Cawabup Setyo Sukarno Dibajak, untuk Aksi Penipuan

02 Oktober 2020, 19: 38: 19 WIB | editor : Perdana

Chat penipuan lewat Facebook Messenger akun Setyo Sukarno yang dibajak.

Chat penipuan lewat Facebook Messenger akun Setyo Sukarno yang dibajak.

Share this      

WONOGIRI - Akun Facebook calon wakil bupati (cawabup) Wonogiri Setyo Sukarno dibajak. Akun itu kemudian disalahgunakan untuk melakukan penipuan.

Anto, 42, warga Desa Tunggur, Kecamatan Slogohimo nyaris menjadi korban dari pelaku pembajak akun Facebook pribadi calon wakil bupati Wonogiri itu. Kamis (1/10) lalu, dia mendapatkan pesan lewat Facebook Messenger.

"Kejadiannya setelah Magrib. Di Facebook kan memang sudah berteman dengan beliau Pak Setyo Sukarno," ungkap Anto lewat sambungan telepon, Jumat (2/10).

Awalnya dia tidak curiga adanya pesan dari akun itu. Anto pun sempat berbalas pesan menanyakan kabar Setyo Sukarno. Sebab, dia mengaku sudah lama tidak berkontak dengan Setyo Sukarno.

"Mulai curiga itu ketika bilang kalau sedang di luar kota dan butuh pulsa, minta dikirimi pulsa Rp 100 ribu. Saya mulai curiga, saat itu langsung coba saya konsultasikan dengan istri saya," urai pemilik warung pecel di Slogohimo ini.

Beruntung, Anto tak mempan ditipu. Berdalih akan mengisikan pulsa di konter terdekat, Anto pun mengakhiri percakapan dengan pembajak akun politisi PDIP itu.

Terpisah, Setyo Sukarno mengatakan dia memang memiliki akun Facebook pribadi. Namun, akunnya dibajak oleh orang tak dikenal. Hingga saat ini, Setyo pun belum mengetahui siapa yang membajak akun Facebook-nya.

"Ya, akun Facebook saya dibajak hacker," kata dia. 

Lebih lanjut, mantan ketua DPRD Wonogiri ini menjelaskan, pembajakan akun Facebook miliknya terjadi pada Kamis (1/10) lalu. Dia pun sudah mendengar kabar terkait adanya oknum yang menyalahgunakan akun Facebook-nya.

"Sudah ada beberapa teman pengguna Facebook itu bilang ke saya. Kok minta pulsa lewat Facebook," jelas dia.

Setyo menegaskan, dia tidak pernah meminta untuk dikirimi pulsa lewat pesan di Facebook. Menurutnya, pelaku pembajakan hanya ingin memanfaatkan akun miliknya untuk kepentingan pribadi.

Saat ini, dia masih mencoba mengambil alih akun pribadinya. Namun, upaya itu masih menemui kesulitan. Oleh karena itu, dia meminta masyarakat lebih waspada.

"Kalau ada yang dihubungi akun Facebook dengan nama saya, Setyo Sukarno, tidak usah ditanggapi. Apalagi kalau diminta untuk melakukan sesuatu. Itu jelas bukan dari saya secara pribadi," tegas dia.

Apakah ada rencana untuk melaporkan kejadian ini kepada pihak berwajib? Setyo mengaku dalam waktu dekat ini belum ada rencana untuk itu.

"Kalau untuk yang sudah tertipu, malah belum dapat laporan masuk. Tapi saya imbau jangan ada yang menanggapi kalau ada akun atas nama Setyo Sukarno yang menghubungi," pungkasnya. (al/ria)

(rs/ria/per/JPR)

 TOP
Artikel Lainya