alexametrics
Sabtu, 24 Oct 2020
radarsolo
Home > Olahraga
icon featured
Olahraga

West Bandits Resmi Ikut IBL, November Launching di Solo

05 Oktober 2020, 12: 28: 12 WIB | editor : Perdana

Wijaya Saputra saat bergabung dengan West Bandits dalam sebuah turnamen.

Wijaya Saputra saat bergabung dengan West Bandits dalam sebuah turnamen. (INSTAGRAM WEST BANDITS)

Share this      

SOLO – Kota Bengawan dipastikan akan memiliki di Indonesian Basketball League (IBL) 2021. Pekan lalu, pihak IBL mengumumkan ada dua klub baru musim depan, yakni wakil dari Solo dan Bali.

Wakil Solo dipastikan adalan West Bandits, yang aslinya berasal dari Jakarta. Sementara wakil Pulau Dewata adalah Bali United. Sebelum akan terjun di IBL, West Bandit dikenal sebagai klub amatir rasa pro. Hal ini lantaran banyak pemain bintang IBL yang bergabung dengan tim ini di beberapa turnamen.   

Pihak West Bandits sudah mempersiapkan langkah. Khususnya syarat untuk berlaga di liga pro bola basket di Tanah Air tersebut.

“Tunggu saja pengumuman resminya, ya. Kami sudah ada sponsorship, tapi tak mau mendahului itu. Nanti akan ada launching tentang tim kami, kok. Rencana bulan November di Kota Solo. Namun, kami masih melihat kondisi pandemi Covid-19 saat ini juga,” ucap Manajer West Bandits Cesar Wilhelem.

Cesar menegaskan, meski pihaknya menerima sponsorship, nama klubnya tak akan berganti. Hal tersebut karena mereka bukanlah tim baru, namun  tim yang berpengalaman secara manajerial.

Terkait persiapan skuad, West Bandits Solo sudah merencanakan negosiasi. Pemain bintang akan diputusakan menunggu hingga liga berakhir. 

“Kita bukan klub baru, bahkan sudah bermain di semi pro. Artinya kami sudah mempunyai pemain bintang sendiri, namun tak memungkiri akan melengkapi skuad hingga musim IBL 2020 selesai. Artinya kami masih menghormati pemain yang masih berada di klub lain. Kami akan melakukan proses negosiasi sampai liga itu selesai,” tuturnya.

IBL 2020 sendiri dilanjutkan, dan akan digelar di Mahaka Square Arena Kelapa Gading, Jakarta Utara, 13-27 Oktober. 

Di lain sisi, manajeman West Bandits menegaskan, pihaknya tidak akan bergantung sepenuhnya pada pemain bintang yang didapatnya dari klub lain. Klub ini justru ingin mencetak pemain bintang untuk timnas. Termasuk berharap bisa membentuk pemain asal Solo yang potensial. 

“Kami memanfaatkan pemain muda yang sesuai karakter tim pelatih kami, yang mempunyai pengalaman di level tinggi. Baik itu di level universitas atau tim yang dia bela sebelumnya. Rencana nanti ada 12 pemain. Saat ini negosiasi baru ke empat pemain lokal. Ada pemain asing yang kontak kami, namun proses negosiasi masih belum berlanjut karena kami belum pasti aturannya seperti apa,” tandasnya.

Sebelumnya, West Bandits Jakarta sempat menjadi juara di ajang Piala Wali Kota Surabaya 2019. West Bandits menang 90-61 atas Mahameru Surabaya di partai final yang berlangsung di GOR Kertajaya Surabaya, 24 Februari 2019 silam. Saat itu, tim ini berisikan pemain bintang, seperti Ronaldo Sitepu, Stefan Carsera, Bona Siregar, Wijaya Saputra, Jonathan Saragih, hingga Kore White. (ryn/nik/ria)

(rs/NIK/per/JPR)

 TOP