alexametrics
Jumat, 22 Jan 2021
radarsolo
Home > Klaten
icon featured
Klaten

Gubernur Resmikan PLTS Atap Pertama di Jawa Tengah

07 Oktober 2020, 09: 19: 29 WIB | editor : Perdana

Kepala Pabrik AQUA Klaten, I Ketut Muwaranata (kanan) dan Pjs Bupati Klaten Sujarwanto Dwi Atmoko foto virtual bersama Gubernur Ganjar Pranowo setelah peresmian PLTS Atap

Kepala Pabrik AQUA Klaten, I Ketut Muwaranata (kanan) dan Pjs Bupati Klaten Sujarwanto Dwi Atmoko foto virtual bersama Gubernur Ganjar Pranowo setelah peresmian PLTS Atap

Share this      

KLATEN - Pertama dan terbesar di Jawa Tengah Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) terpasang di PT. Tirta Investama (Pabrik Klaten)-AQUA Klaten. Kapasitas yang tenaga listrik yang disediakan 2.919 KWp, merupakan pelopor PLTS Atap yang diinisiasi sejak 2017. Ada 17 pabrik AQUA di Indonesia dengan total kapasitas lebih dari 15.000 kWp pada 2023 dan mampu menghasilkan listrik sebesar 21 GWh.

Secara virtual Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo meresmikan PLTS AQUA Klaten. Dia juga sangat mendukung pembangunan PLTS Atap,  diterbitkannya Surat Edaran Nomor 671.25/0004468 pada tanggal 1 Maret 2019 perihal Implementasi PLTS Atap.

"Kami menghimbau kepada seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dan kepada beberapa perusahaan swasta  di Jawa Tengah untuk membangun PLTS Atap di institusinya masing-masing. Jika bersama dilakukan maka akan ringan, AQUA Klaten sudah mulai dan industri lainnya diharapkan mengikuti" ujarnya.

INOVASI : AQUA Klaten telah menggunakan PLTS untuk menghasilkan tenaga listrik bagi perusahaan.

INOVASI : AQUA Klaten telah menggunakan PLTS untuk menghasilkan tenaga listrik bagi perusahaan.

Acara peresmian ini sekaligus  menandai refleksi satu tahun komitmen Pemrov Jateng, untuk menjadi provinsi bertenaga surya pertama di Indonesia. Secara geografis Jawa Tengah yang berada di daerah khatulistiwa yang terletak pada 10°LS memiliki intensitas penyinaran matahari 3,5 kwh/m²/hari – 4,67 kwh/m²/hari, sehingga seluruh wilayah potensial untuk dibangun PLTS. 

Pejabat Sementara (Pjs) Bupati Klaten Sujarwanto Dwi Atmoko yang hadir langsung untuk ikut meresmikan mengatakan, Jawa Tengah memiliki komitmen kuat untuk mengatasi masalah perubahan iklim dengan menerapkan energi bersih dan terbarukan.  Termasuk dengan memprioritaskan penggunaan energi surya. 

"Komitmen kami terwujud melalui target realisasi penggunaan energi baru dan terbarukan (EBT) sebesar 21,32% di 2025. Kami menyambut baik komitmen Danone-AQUA untuk membangun PLTS Atap terbesar  industri di Jawa Tengah," tambah pria yang menjabat Kepala Dinas ESDM Provinsi Jawa Tengah.

Untuk mendorong pembangkitan tenaga surya, ketentuan dalam RUEN memberlakukan kewajiban pemanfaatan sel surya sebesar 30% dari luas atap untuk seluruh bangunan Pemerintah dan 25% dari luas atap untuk bangunan rumah mewah. 

Presiden Direktur PT Tirta Investama (Danone-AQUA) Corine Tap mengatakan, menjadi mitra aktif pemerintah dalam menerapkan energi bersih dan terbarukan merupakan salah satu prioritas yang sesuai dengan visi global perusahaan, One Planet One Health. Komitmen dibutuhkan untuk menggunakan energi baru dan terbarukan hingga 100% pada tahun 2030 di operasional Danone di seluruh dunia. 

"Penggunaan solar panel terbesar di Pabrik Klaten merupakan salah satu wujud nyata dari berbagai usaha yang kami lakukan dan merupakan bentuk komitmen Danone untuk menjadi salah satu katalisator dari industri dalam mendukung Provinsi Jawa Tengah menjadi provisi energi surya pertama di Indonesia," ujarnya.

Danone AQUA merupakan pelopor pemanfaatan pembangkit listrik tenaga surya di Indonesia. Diselesaikannya pembangunan di pabrik Ciherang, Jawa Barat, dengan kapasitas 770 kWp yang dapat menghasilkan listrik sebesar 1 GWh per tahun serta pengurangan emisi karbon sebesar 825 ton per tahun pada tahun 2017. 

Pihaknya berkomitmen untuk mencapai target yang akan dicapai hingga tahun 2023, dimana 17 pabrik Danone-AQUA akan menggunakan PLTS Atap.Total kapasitas sistem lebih dari 15.000 kWp dan mampu menghasilkan listrik sebesar 21 GWh serta mengurangi emisi karbon sebesar 16.633 ton CO2/tahun melalui pemanfaatan solar panel. 

"Untuk mencapai target tersebut, Danone-AQUA telah memasang pembangkit listrik tenaga surya di dua pabrik lainnya di Ciherang, Jawa Barat, dengan kapasitas 770 kWp dan dapat menghasilkan listrik sebesar 1 GWh per tahun serta pengurangan emisi karbon sebesar 825 ton per tahun. Satu lagi  di Banyuwangi, Jawa Timur dengan kapasitas 378 kWp serta dapat menghasilkan listrik sebesar 566 MWh per tahun dengan pengurangan emisi karbon dari 470 ton per tahun," tambahnya.

Dalam peresmian kemarin, selain dihadiri Ganjar Pranowo, secara virtual hadir juga Direktur Aneka Energi Baru dan Terbarukan, Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral, Harris Yahya, Sekertaris Direktorat Jenderal Industri Agro, Kementrian Perindustrian, Emil Satria. 

Acara peresmian berlangsung saat masa pendemik Covid-19, maka tamu undangan yang datang semua wajib rapid test. Termasuk Pjs Bupati Klaten Sujarwanto dan pejabat, langkah tersebut sebagai  komitmen AQUA Klaten menjaga dan mencegah penularan corona.(ren/oh).

(rs/ren/per/JPR)

 TOP
 
 
 
 
Follow us and never miss the news