alexametrics
Senin, 26 Oct 2020
radarsolo
Home > Pendidikan
icon featured
Pendidikan

Dewan Pendidikan: Hak Ortu Izinkan Anaknya Ikut Tatap Muka atau Tidak

10 Oktober 2020, 09: 00: 59 WIB | editor : Perdana

SMPN 4 Surakarta terus melakukan persiapan setelah mendapat izin pelaksanaan uji coba pembelajaran tatap muka.

SMPN 4 Surakarta terus melakukan persiapan setelah mendapat izin pelaksanaan uji coba pembelajaran tatap muka. (ARIEF BUDIMAN/RADAR SOLO)

Share this      

SOLO - Dewan Pendidikan Kota Surakarta meminta pemkot tidak memaksa orang tua siswa untuk mengikuti pembelajaran tatap muka. Orang tua memiliki hak penuh untuk memilih, apakah anaknya mengikuti pembelajaran jarak jauh (PJJ) atau tatap muka.

Ketua Dewan Pendidikan Joko Riyanto mengatakan, pada dasarnya dia sepakat dengan keputusan pemkot untuk melakukan uji coba pembelajaran tatap muka di dua sekolah di Kota Bengawan. Namun, yang harus digarisbawahi adalah izin orang tua siswa untuk melepaskan anaknya berangkat ke sekolah.

“Kami terus memantau. Selama ini PJJ sudah bagus. Kami melihat tatap muka ini ada orang tua yang yes, ada yang belum siap. Yang bersiap silakan, yang takut tidak boleh dipaksa dan sekolah harus melayani di rumah,” katanya.

Pihaknya akan terus mengawasi jalannya pembelajaran tatap muka di dua sekolah yang telah ditunjuk pemkot. Yakni SMPN 4 Surakarta dan SMP Al Azhar Syifa Budi. Djoko berharap uji coba tersebut dapat berhasil tanpa menyisakan masalah, khususnya penyebaran Covid-19.

“Ini kan yang mau kita tuju. Jika hasil uji coba sukses, sekolah lain bisa mengikuti,” tegas dia.

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan Kota Surakarta Etty Retnowati memastikan siswa yang menjalani uji coba pembelajaran tatap muka sudah mendapat persetujuan orang tua masing-masing. Mereka telah menandatangani surat persetujuan mengikuti pembelajaran tatap muka.

“Tanpa itu, kami nggak akan jalan. Itu yang jadi pegangan kami. Kami juga tidak memaksa. Silakan yang sudah mengizinkan. Kalau tidak diizinkan ya tidak dipaksa,” katanya. (irw/bun/ria)

(rs/irw/per/JPR)

 TOP